Share

3 Tokoh yang Bunuh Ribuan Manusia, Ada Stalin Sang Pemimpin Uni Soviet

Risa Maharani Putri, MNC Portal · Minggu 27 November 2022 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 18 2715326 3-tokoh-yang-bunuh-ribuan-manusia-ada-stalin-sang-pemimpin-uni-soviet-qqyAoCvaRX.jpg Joseph Stalin (Foto : Time)

DI dunia pernah terjadi sejumlah pembunuhan massal yang dilakukan atau dipimpin oleh satu orang. Hal tersebut terjadi disebabkan karena kebijakan kekerasan yang digunakan untuk melawan musuh.

Tidak hanya itu, bahkan ada salah satu pemimpin negara yang menggunakan kebijakan kekerasan yang mengakibatkan tewasnya rakyat.

Berikut adalah tokoh-tokoh yang bunuh ribuan manusia.

1. Joseph Stalin

Joseph Stalin lahir di Georgia, 18 Desember 1878. Ia merupakan Sekretaris Jenderal Partai Komunis pada tahun 1922 hingga 1953. Stalin juga adalah Perdana Menteri Uni Soviet yang memimpin negara secara diktator. Ketika masa jayanya, Stalin disanjung sebagai “Matahari yang Bersinar” atau “Staf Kehidupan”.

Stalin memimpin Uni Soviet dari tahun 1920 hingga 1953 dengan kekerasan. Ia menerapkan kebijakan hukuman yang mengakibatkan timbulnya kelaparan, mengeksekusi orang yang menentangnya, hingga mengirim musuh ke penjara. Akibat kepemimpinannya yang kejam itu, disebutkan ada sekitar 6-20 juta orang yang mati terbunuh karena kebijakan yang dibuat Stalin.

2. Adolf Hitler

Adolf Hitler adalah pembunuh jutaan orang dalam peristiwa pembunuhan massal orang Yahudi yang lebih dikenal dengan Holocaust pada Perang Dunia II. Pembunuhan dilakukan oleh Nazi Jerman, dengan Hitler sebagai pemimpinny. Pada tahun 1941 hingga 1945 Nazi Jerman membunuh sekitar 6 juta orang Yahudi di seluruh Eropa.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Pembunuhan tersebut dilakukan dengan cara kekerasan, penembakan, dan pembunuhan massal menggunakan gas beracun. Pada tahun 1941, wilayah Eropa yang diduduki Nazi Jerman semakin luas. Korban mulai berjatuhan ketika Jerman menginvasi Uni Soviet, di mana ada 500 ribu orang Yahudi di Soviet yang ditembak oleh tentara Nazi.

Pembunuhan massal menggunakan gas beracun di kamp pertama kali dilakukan pada Maret 1942. Hal tersebut berdampak Holocaust yang akhirnya berhenti pada tahun 1945 saat Jerman kalah dalam Perang Dunia II. Hilter yang merupakan pemimpin peristiwa itu kemudian melakukan bunuh diri.

3. Mao Zedong

Mao Zedong adalah mantan pemimpin China pada tahun 1949 hingga 1976. Masa kepemimpinannya disebut sebagai masa penuh ketakutan di China. Mao disebut telah menewaskan jutaan orang. Meski sejauh ini belum ada angka pasti mengenai warga Cina yang tewas pada masa itu, namun peneliti menyebut ada sekitar 40 juta hingga 100 juta orang yang tewas.

Kekerasan dimulai di negara ini yang kemudian menyebar ke kota-kota. Para pemilik tanah ditargetkan untuk dieliminasi. Orang yang dicurigai terlibat dalam prostitusi, perjudian, penghindaran pajak, kebohongan, penawaran opium, penipuan akan dieksekusi. Para kelompok yang menentang pemerintah China juga ditangkap dan dipenjara. Mao terus menjalankan kebijakannya. Sampai akhirnya ia meninggal dunia pada tahun 1976 yang kemudian berakhir pula rezim Mao.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini