Share

Letusan Mauna Loa Mengancam Permukiman Penduduk Big Island

Awaludin, Okezone · Selasa 29 November 2022 23:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 18 2717465 letusan-mauna-loa-mengancam-permukiman-penduduk-big-island-Nq5SNLhYWA.jpg Illustrasi (foto: Freepick)

HAWAII - Mauna Loa, gunung berapi aktif terbesar di dunia meletus untuk pertama kalinya setelah 38 tahun, Senin 28 November 2022 malam waktu setempat. Otoritas keamanan telah memperingatkan penduduk di Pulau Besar Hawaii untuk tetap waspada

Mengutip dari VOA Indonesia, letusan gunung berapi aktif terbesar di dunia mendorong para pejabat di Hawaii untuk memberitahu warga yang tinggal di Big Island agar bersiap menghadapi skenario terburuk.

 BACA JUGA:Mauna Loa Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Meletus Setelah 38 Tahun

Letusan Mauna Loa langsung mengancam kota-kota. Tetapi para pejabat memberitahu warga agar bersiap-siap mengungsi jika aliran lahar mulai mengarah ke daerah-daerah permukiman.

“Tentu saja saya ingin mendorong semua orang, khususnya di Big Island, agar waspada. Letusan Mauna Loa berbeda dengan Kilauea. Tentu saja, pantau terus Pertahanan Sipil Hawai’I County. Saya juga mendorong siapapun yang tinggal di daerah itu agar memperhatikan USGS (Survei Geologi AS). Mereka memposting berita terbaru cukup sering sepanjang hari dan itu adalah sumber terbaik mengenai informasi status letusan,” kata Gubernur David Ige.

 BACA JUGA:Gunung Berapi Terbesar di Dunia Mauna Loa Meletus, Langit Malam Hawaii Memerah

USGS memperingatkan sekitar 200 ribu orang di Big Island bahwa letusan dapat berlangsung sangat dinamis, dan lokasi serta aliran lahar dapat berubah dengan cepat.

Follow Berita Okezone di Google News

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini