Share

5 Kasus Pencurian Karya Seni Lukisan Paling Terkenal

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 05 Desember 2022 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 18 2720563 5-kasus-pencurian-karya-seni-lukisan-paling-terkenal-kHVqnVeDpU.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA- Lima kasus pencurian karya seni lukisan paling terkenal. Perkembangan teknologi telah membuat lebih mudah untuk mengidentifikasi karya curian dan lebih sulit bagi pencuri untuk menjualnya, tetapi untuk sebagian besar sejarah manusia, karya seni berpindah tangan bukan melalui akuisisi yang sah, melainkan melalui penjarahan, penjajahan berbagai wilayah dan negara, dan peperangan.

Sementara beberapa bagian ditemukan kembali, banyak yang berakhir di pasar gelap, atau di rumah kolektor pribadi menyembunyikannya hati-hati.

Berikut lima kasus pencurian karya seni lukisan paling terkenal:

1. Lukisan Pablo Picasso

Lukisan Picasso tahun 1940 tentang kekasihnya Dora Maar diduga dicuri dari seorang kolektor di New York. Itu ditemukan pada tahun 2016 di Istanbul oleh petugas polisi yang menyamar sebagai pembeli seni yang bersedia membayar $7 juta untuk lukisan itu. Setelah mendapatkan lukisan curian itu, polisi menyerahkan karya seni itu ke Universitas Seni Rupa Mimar Sinan untuk diperiksa.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

2. Lukisan Hitler

Pada tahun 2015, polisi Jerman menyita dua patung kuda perunggu yang biasanya diletakkan di luar Kanselir Reich Hitler sebagai bagian dari operasi untuk memulihkan karya seni Nazi. Patung Josef Thorak diambil oleh Tentara Merah setelah Perang Dunia II dan diduga telah dilebur. Mereka ditemukan di Bad Duerkheim bersama barang berharga lainnya di sebuah gudang milik pedagang seni pasar gelap.

3. Lukisan Karya Rembrandt Harmenszoon van Rijn

Pada tahun 1999, seorang Prancis mencuri “Child with a Soap Bubble” karya Rembrandt dari museum kota Prancis dengan membobol perpustakaan yang berdekatan selama parade. Pencuri menyimpan lukisan itu dengan hati-hati terbungkus di rumahnya selama 15 tahun sebelum menyerahkannya dan dirinya sendiri, bersama komplotannya, ke pihak berwenang Prancis pada tahun 2014 setelah gagal menjualnya.

4. Lukisan Monalisa

Karya seni MonLisa alias La Gioconda, sejauh ini menjadi karya seni "paling dikenal, paling dikunjungi, paling banyak ditulis, paling banyak dinyanyikan, dan paling banyak diparodikan di dunia". Titik.

Potret setengah badan Lisa Gherardini tersebut dikerjakan oleh seniman Reinassance Italia, Leonardo da Vinci. Sepanjang sejarah, banyak cerita tentang lukisan ini.

Kala itu, pelukis Prancis, Louis Béroud, sedang mengunjungi Museum Louvre dan menyadari bahwa lukisan tersebut menghilang. Berhubung ia butuh membuat sketsa Mona Lisa, Louis pun memintanya ke petugas museum. Tetapi, mereka mengira lukisan tersebut sedang difoto untuk materi iklan museum.

Louis kembali ke bagian pameran Mona Lisa beberapa jam kemudian. Namun, masih tak berada di tempatnya. Jelas, Mona Lisa dicuri. Museum Louvre kemudian ditutup selama sepekan. Polisi langsung menginvestigasi kasus ini.

5.The Scream - Edvard Munch

Lukisan ini pernah dua kali dicuri. Pencurian pertama pada 1994 ketika dua pria menerobos masuk dan mencurinya di Galeri Nasional di Oslo, Norwegia. Mereka meninggalkan memo "Terima kasih untuk keamanannya yang buruk".

Pelaku pencurian kemudian meminta tebusan USD 1 juta tapi tidak dipenuhi. Tiga bulan kemudian, mereka tertangkap setelah polisi melakukan operasi penyamaran.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini