Share

Erupsi Gunung Berapi Stromboli di Italia Picu Gempa dan Tsunami

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 18 2721305 erupsi-gunung-berapi-stromboli-di-italia-picu-gempa-dan-tsunami-llFXo3pIo8.jpg Erupsi Gunung Stromboli, Italia. (Foto: LGS Webcam)

ROMA - Departemen Perlindungan Sipil Italia pada Senin, (5/12/2022) telah menaikkan tingkat siaga karena letusan baru gunung berapi Strómboli di selatan negara itu.

BACA JUGA: Letusan Gunung Berapi Stromboli Italia Terlihat dari Luar Angkasa 

Tingkat siaga, yang sekarang berwarna oranye, memungkinkan para ahli untuk memantau situasi di sekitar gunung berapi lebih dekat, sementara pihak berwenang mendesak penduduk setempat untuk mengikuti instruksi keselamatan yang relevan, menurut pernyataan singkat dari Perlindungan Sipil yang dilansir News 360.

Pada Minggu, (4/12/2022) Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia mencatat gempa berkekuatan 4,6 skala Richter di selatan gunung berapi, di Laut Mediterania. Gempa tersebut akan memicu aktivitas vulkanik baru di daerah di mana gunung berapi aktif itu berada.

BACA JUGA: Gunung Semeru Erupsi Kembali Pagi Ini, Kolom Abu 400 Meter di Atas Puncak 

Departemen Perlindungan Sipil juga memperingatkan bahwa ini telah menyebabkan tsunami kecil dengan gelombang setinggi 1,5 meter, sehingga alarm peringatan telah berbunyi di pulau tersebut. Gunung Stromboli tingginya sekitar 920 meter dan sering meletus.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini