Share

Bantu Sesama, Pemkab Aceh Barat Gelar Kegiatan Donor Darah

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 06 Desember 2022 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 340 2721906 bantu-sesama-pemkab-aceh-barat-gelar-kegiatan-donor-darah-9RlEsNAxJ9.jpg Pemkab Aceh Barat gelar kegiatan donor darah. (Foto: dok Pemkab Aceh Barat)

MEULABOH - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (HUT KORPRI) yang ke-51 dan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, DPK Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK), Kabupaten Aceh Barat menggelar kegiatan bakti sosial donor darah bertempat di halaman kantor Bupati Aceh Barat, Selasa (6/12/2022).

Ketua DPK IKAPTK Aceh Barat Edy Juanda mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk partisipasi alumni pamong praja dalam rangka semarak HUT KORPRI dan HKN. Untuk itu, IKAPTK menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat untuk menyukseskan agenda tersebut.

“Kegiatan donor darah ini diikuti dengan antusias oleh anggota IKAPTK dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dengan sukarela mendonorkan darahnya untuk kepentingan kemanusiaan, yang sebelumnya diperiksa terlebih dahulu kesehatannya oleh petugas dari Dinas Kesehatan setempat,” ucapnya.

Sebelum melakukan donor darah, lanjutnya, peserta harus melalui beberapa proses pemeriksaan sebelum dinyatakan bisa mendonorkan darahnya, di antaranya seperti, pemeriksaan tensi tekanan darah, pemeriksaan gula darah, dan tentu sebelumnya melakukan pengisian formulir donor darah terlebih dahulu.

“Kegiatan donor darah kali ini terbuka untuk masyarakat umum, di samping para anggota IKAPTK dan ASN itu sendiri dengan tujuan mulia, yaitu kemanusiaan dan membantu sesama,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini akan terkumpul stok darah dari anggota IKAPTK dan ASN di lingkungan Pemkab Aceh Barat. Ini juga sebagai bentuk kepedulian kepada sesama yang membutuhkan.

Pelaksanaan donor darah dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai. Dalam kegiatan donor darah ini diperoleh 30 kantong darah dari 47 peserta donor.

Diharapkan pelaksanaan donor darah kali ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah dan memenuhi permintaan darah yang meningkat ke PMI dan rumah sakit.

“Semoga ke depannya kegiatan donor darah dapat lebih sering digalakkan pada setiap kesempatan, dan kegiatan donor darah ini akan menjadi agenda rutin IKAPTK Aceh Barat nantinya,” tutur Edy Juanda.

Di samping itu, Pj. Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi yang merupakan pembina IKAPTK, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap agenda ini rutin dilaksanakan.

“Kegiatan ini diharapkan tidak hanya IKAPTK tapi organisasi lainnya juga bisa berpartisipasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, “suatu kehormatan untuk kita semua karena kita semua masih diberikan kesempatan menjadi sesorang yang masih memberikan manfaat untuk orang lain melalui kegiatan donor darah.”

“Tentunya, ini merupakan sebuah berkah yang harus disyukuri, kita tidak berada di posisi orang yang akan menerima darah. Kita tahu betul bahwa donor darah yang kita lakukan ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Tak hanya bagi diri kita sendiri namun juga bagi orang lain yang membutuhkan,” tutur Mahdi.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini