Share

4 Pernikahan Termahal di Dunia, Ada yang Telan Biaya Ratusan Juta Dolar AS

Alifia Gita Riani, Litbang Okezone · Sabtu 10 Desember 2022 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 18 2724354 4-pernikahan-termahal-di-dunia-ada-yang-telan-biaya-ratusan-juta-dolar-as-Ki4wYnZ5jp.jpg Pernikahan termahal di dunia. (Ilustrasi/Ist)

PERNIKAHAN dengan resepsi mewah memang dambaan untuk sebagian pasangan. Bahkan, banyak pasangan rela mengeluarkan biaya hingga triliunan rupiah demi mewujudkan pernikahan impiannya.

Berikut beberapa pernikahan termahal yang pernah diselenggarakan di dunia yang diolah dari berbagai sumber pada Sabtu (10/12/2022):

1. Isha Ambani dan Anand Piramal

Pasangan konglomerat asal India, Isha Ambani dan Anand Piramal, juga mengadakan acara pernikahan dengan biaya termahal. Isha Ambani merupakan direktur utama Reliance Jio dan Reliance Retail. Ia juga menjadi salah satu perempuan paling berpengaruh di Asia. Sedangkan suaminya, Anand Piramal, merupakan direktur eksekutif di Piramal Group sekaligus putra miliarder India, Ajay Piramal.

Pernikahan yang diselenggarakan pada Desember 2018 itu dihadiri oleh 800 tamu undangan dan menelan biaya sebesar USD100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Tokoh-tokoh penting juga menghadiri undangan pernikahan mereka antara lain, Hillary Clinton, Amitabh Bachchan, Priyanka Chopra, Nick Jonas, hingga Shah Rukh Khan. Tidak hanya itu saja, penyanyi kelas dunia, Beyonce, juga mengisi acara pada pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal itu.

Pernikahan biasanya diselenggarakan hanya di satu lokasi aja, tetapi tidak bagi pasangan ini. Mereka menggelar pernikahannya di beberapa lokasi yang berbeda dan dilaksanakan selama beberapa hari. Untuk itu, pihak penyelenggara menyiapkan pesawat khusus untuk membawa tamu undangan dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, mereka juga sudah mempunyai rumah untuk ditempati setelah pernikahan dengan harga Rp900 miliar. Rumah itu merupakan kado dari orangtua mempelai pria.

 

2. Pangeran Charles dan Lady Diana

Pernikahan bangsawan dari Kerajaan Inggris, Pangeran Charles dan Lady Diana, dapat dikatakan sebagai pernikahan termahal dalam sejarah. Pernikahan yang diselenggarakan pada 29 Juli 1981 di gereja Katedral St. Paul, London ini menghabiskan biaya sebesar USD137 juta atau sekitar Rp1,9 triliun.

Sementara, tamu yang menghadiri sebanyak 3.500 orang. Pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana disebut-sebut sebagai ‘The Wedding of The Century’ atau Pernikahan Abad Ini. Para tamu yang hadir juga tentunya bukan sembarang orang, ada tokoh-tokoh penting dunia termasuk sebagian besar kepala negara atau raja di negara-negara Eropa.

BACA JUGA:2 Presiden Indonesia Ini Nikahkan Anaknya di Istana Negara 

Euforia pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana bahkan mendunia sehingga berbagai saluran televisi dari 74 negara menyiarkan upacara pernikahan mereka dan juga ditonton oleh 750 juta orang. Gaun yang dikenakan oleh Lady Diana didesain oleh David dan Elizabeth Emanuel yang dibuat dari kain sutra dan dhiasi dengan 10.000 mutiara serta dibanderol dengan harga £90.000, sehingga gaun yang dikenakannya itu menjadi sorotan media.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Tidak hanya gaun Lady Diana saja yang mencuri perhatian, sepatu yang dikenakannya tak luput dari sorotan. Pasalnya, sepatu yang merupakan rancangan Clive Shilton itu terbuat dari satin dan renda dengan dihiasi 542 payet dan 132 mutiara. Kerajaan Inggris juga turut melindungi acara pernikahan dari ancaman gerilyawan Republik Irlandia dengan membayar USD600.000 sebagai biaya keamanan.

3. Pangeran Harry dan Meghan Markle

Menurut Express, pernikahan kerajaan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang diselenggarakan pada 19 Mei 2018 memakan biaya sebesar £32 juta, yang setara dengan sekitar Rp580 miliar. Tetapi dengan biaya yang sebanyak itu, sebagian besar biayanya digunakan untuk peningkatan langkah-langkah keamanan pernikahan mereka.

Sebanyak £1 juta di antaranya dialokasikan untuk Windsor dan dewan Maidenhead guna pengawasan, pengendalian kerumunan, layar besar, pembuangan limbah, barier penghalang, dan biaya terkait.

Gaun pernikahan yang digunakan oleh Meghan dirancang oleh Clare Waight Keller (kala itu direktur kreatif Givenchy) bernilai sekitar £390.000 atau Rp7 miliar. Secara keseluruhan, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan menghabiskan dana £8 juta (Rp145 miliar) lebih banyak daripada pernikahan Pangeran William dan Kate pada tahun 2011, di mana kelebihan tersebut lebih banyak dihabiskan untuk keamanan.

4. Sushanto Roy dan Seemanto Roy

Anak konglomerat Subrato Roy yang merupakan direktur utama Sahara India Pariwar, yaitu Sushanto Roy dan Seemanto Roy juga menggelar pernikahan mewah pada 10 Februari 2004 dan dihadiri oleh 1.100 tamu. Biaya yang dikeluarkannya sangat fantastis, yaitu sebesar USD75 juta. Berbagai tokoh penting dari kalangan selebriti, pengusaha, dan politikus juga hadir dalam acara pernikahan mereka.

Pernikahan mereka dimeriahkan pula oleh dance group ternama di India, yaitu Shiamak Davar, serta alunan musik dari British Symphony Orchestra. Tidak hanya itu, tamu undangan juga difasilitasi pesawat jet pribadi untuk menghadiri pernikahan mereka.

Mereka menyajikan 110 jenis makanan yang berbeda dari berbagai negara di dunia yang disiapkan untuk menjamu tamu undangan dan 150.000 tunawisma. Tak hanya itu, Sushanto Roy & Seemanto Roy juga menikahkan 101 gadis kurang mampu di India.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini