Share

Rusia Umumkan Gencatan Senjata 36 Jam untuk Peringati Natal Ortodoks, Zelensky: Itu Hanya Kedok

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 07 Januari 2023 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 06 18 2741600 rusia-umumkan-gencatan-senjata-36-jam-untuk-peringati-natal-ortodoks-zelensky-itu-hanya-kedok-Nax6L2fluF.jpg Foto: Reuters.

KIEV – Tawaran gencatan senjata selama 36 jam yang diumumkan Rusia dalam rangka memperingati Natal Ortodoks telah ditolak pihak Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan gencatan senjata itu hanyalah upaya Rusia untuk menghentikan kemajuan militer Kiev.

Menurut pernyataan dari Kremlin, gencatan senjata yang dimulai pada Jumat, (6/1/2023) pukul 12.00 waktu Moskow itu diperintahkan Presiden Vladimir Putin mengikuti seruan dari Kepala Gereja Ortodoks Rusia Patriark Kirill terkait dengan peringatan Natal Ortodoks.

Namun, dalam videonya pada Kamis, (5/1/2023) malam Zelensky mengatakan Rusia ingin menggunakan gencatan senjata sebagai ‘kedok’ untuk menghentikan kemajuan Ukraina di wilayah Donbas timur dan membawa lebih banyak orang dan peralatan.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmitro Kuleba, mengatakan Moskow berulang kali mengabaikan usulan Zelensky untuk perdamaian. Dia merujuk pada serangan rudal Rusia di Kherson pada Malam Natal dan serangan pada Malam Tahun Baru sebagai bukti bahwa Moskow tidak menghentikan permusuhan selama hari raya keagamaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu Penasihat Pesiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengatakan tidak akan ada "gencatan senjata sementara" sampai pasukan Rusia mundur dari semua wilayah yang mereka duduki. Seperti Zelensky, Podolyak juga menyebut gencatan senjata Rusia sebagai "gerakan propaganda", dengan menunjukkan bahwa Moskow mengambil langkah yang “humanistik”.

Baca Berita Selengkapnya: Tolak Tawaran Gencatan Senjata Rusia Selama 36 Jam, Zelensky: Hanya Kedok untuk Hentikan Kemajuan Militer Ukraina

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini