Share

Kelompok Pasukan Bayaran Rusia Klaim Rebut Soledar, Bantai 500 Tentara Ukraina

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 12 Januari 2023 06:28 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 12 18 2744665 kelompok-pasukan-bayaran-rusia-klaim-rebut-soledar-bantai-500-tentara-ukraina-tF8IhqTxYP.jpg Tangkapan layar dari video di media sosial menampilkan pertempuran di Soledar, Ukraina timur. (Foto: Reuters)

MOSKOW - Kepala perusahaan militer swasta Rusia Grup Wagner pada Rabu, (11/1/2023) mengatakan pasukannya telah mencapai "pembebasan" penuh kota pertambangan Soledar di Ukraina timur, menewaskan sekira 500 tentara pro-Ukraina.

Beberapa menit sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengejek klaim Rusia sebelumnya untuk menguasai sebagian kota dan mengatakan pertempuran terus berlanjut. 

Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin pada Selasa, (10/1/2023) mengumumkan pasukannya telah menguasai Soledar tetapi mengatakan pertempuran masih berkecamuk di pusat kota. Pada Rabu, dia tidak menyebutkan tentang bentrokan yang berkelanjutan.

"Saya ingin mengkonfirmasi pembebasan penuh dan pembersihan wilayah Soledar dari unit tentara Ukraina ... Unit Ukraina yang tidak mau menyerah dihancurkan," katanya dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Reuters.

Pasukan Wagner "membunuh sekira 500 orang. Seluruh kota dipenuhi mayat tentara Ukraina."

Kelompok tentara bayaran itu juga mengatakan telah menemukan jenazah salah satu dari dua pekerja bantuan sukarela Inggris dilaporkan hilang di Ukraina timur.

Follow Berita Okezone di Google News

Grup Wagner tidak menyebutkan nama orang yang meninggal itu tetapi mengatakan dokumen milik kedua warga Inggris telah ditemukan di mayat tersebut. Sebuah foto yang dipasang di samping pernyataan itu menunjukkan paspor bertuliskan nama Andrew Bagshaw dan Christopher Parry, dua pekerja yang hilang.

Polisi Ukraina mengatakan keduanya meninggalkan kota Kramatorsk menuju kota Soledar pada Jumat, (6/1/2023) pagi dan dilaporkan hilang pada Sabtu, (7/1/2023) malam setelah kontak dengan mereka terputus.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini