Share

AS Siapkan Bantuan USD2 Miliar untuk Ukraina, Termasuk Bom Jarak Jauh dan Amunisi

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 01 Februari 2023 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 01 18 2756921 as-siapkan-bantuan-usd2-miliar-untuk-ukraina-termasuk-bom-jarak-jauh-dan-amunisi-JBrw4nZ2RP.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyiapkan bantuan militer senilai lebih dari USD2 miliar untuk Ukraina yang diperkirakan untuk pertama kalinya akan mencakup roket jarak jauh serta amunisi dan senjata lainnya, kata dua pejabat AS. masalah mengatakan kepada Reuters pada Selasa, (31/1/2023).

Bantuan tersebut diharapkan akan diumumkan secepatnya minggu ini, kata para pejabat. Bantuan itu juga diharapkan mencakup peralatan pendukung untuk sistem pertahanan udara Patriot, amunisi berpemandu presisi dan senjata anti-tank Javelin, tambah mereka.

Salah satu pejabat mengatakan sebagian dari paket itu, yang diperkirakan bernilai USD1,725 miliar, akan berasal dari dana yang dikenal sebagai Prakarsa Bantuan Keamanan Ukraina (USAI), yang memungkinkan pemerintahan Presiden Joe Biden mendapatkan senjata dari industri, bukan dari stok senjata AS.

Dana USAI akan digunakan untuk pembelian senjata baru, Ground Launched Small Diameter Bomb (GLSDB) buatan Boeing Co, yang memiliki jangkauan 94 mil (150 km). Amerika Serikat telah menolak permintaan Ukraina untuk rudal ATACMS dengan jangkauan 185 mil (297 km).

BACA JUGA: Tambah Lagi Dana Perang Rp11 Triliun, Ini Rincian Bantuan AS ke Ukraina

Jangkauan yang lebih jauh dari bom luncur GLSDB dapat memungkinkan Ukraina mencapai target yang berada di luar jangkauan dan membantunya terus menekan serangan baliknya dengan mengganggu Rusia lebih jauh di belakang garisnya.

Reuters pertama kali melaporkan proposal Boeing untuk mengirim GLSDB ke Ukraina pada November. Pada saat itu diharapkan GLSDB bisa berada di Ukraina pada musim semi.

Follow Berita Okezone di Google News

GLSDB dibuat bersama oleh SAAB AB dan Boeing. Ini menggabungkan Bom Diameter Kecil (SDB) GBU-39 dengan motor roket M26, yang keduanya umum di inventaris AS.

Bom ini dipandu GPS, dapat mengalahkan beberapa gangguan elektronik, dapat digunakan dalam segala kondisi cuaca, dan dapat digunakan melawan kendaraan lapis baja, menurut situs web SAAB. GBU-39 - yang akan berfungsi sebagai hulu ledak GLSDB - memiliki sayap lipat kecil yang memungkinkannya meluncur lebih dari 100 km jika dijatuhkan dari pesawat dan mengenai target berdiameter sekecil 3 kaki (1 meter).

Dana USAI juga akan digunakan untuk membayar lebih banyak komponen pertahanan udara HAWK, sistem kontra drone, kontra artileri dan radar pengawasan udara, peralatan komunikasi, drone PUMA, dan suku cadang untuk sistem utama seperti Patriot dan Bradley, kata salah satu pejabat. .

Ada juga sejumlah besar peralatan medis - cukup untuk melengkapi tiga rumah sakit lapangan yang disumbangkan oleh sekutu lain, tambah pejabat itu.

Gedung Putih menolak berkomentar. Isi dan ukuran paket bantuan bisa bergeser hingga ditandatangani presiden.

Selain dana USAI, bantuan senilai lebih dari USD400 juta diharapkan berasal dari dana Otoritas Penarikan Presiden, yang memungkinkan presiden untuk mengambil dari saham AS saat ini dalam keadaan darurat.

Bantuan itu diharapkan mencakup kendaraan pelindung penyergapan yang tahan ranjau (MRAP), sistem roket peluncuran ganda yang dipandu (GMLRS), dan amunisi.

AS telah mengirimkan bantuan keamanan senilai sekitar USD27,2 miliar ke Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022. Rusia menyebut invasi itu sebagai "operasi khusus".

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini