Waspada! Gempa 8,8 SR Akan Terjadi di Padang

ist

Waspada! Gempa 8,8 SR Akan Terjadi di Padang
JAKARTA – Kawasan Sumatera kerap dihantui bencana gempa bumi. Sejumlah pakar gempa berpendapat, gempa bumi berkekuatan 8,8 skala richter diprediksi akan terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat.  
 
Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Bencana dan Bantuan Sosial, Sangap Surbakti mengatakan, penelitian tersebut pernah dilakukan Direktur Earth Observatory of Singapore, Kerry Sieh. Gempa tersebut diprediksi terjadi dalam kurun waktu 30 tahun kedepan.
 
“Gempa 7,6 SR yang mengguncang Padang beberapa waktu lalu berdurasi 45 detik. Pakar tersebut memperkirakan, gempa selanjutnya akan memiliki durasi enam kali lebih lama dibanding gempa sebelumnya,” papar Sangap kepada okezone, Sabtu (29/5/2010).
 
Dia menambahkan, prediksi terjadinya gempa di Padang juga akan merembet ke sejumlah kawasan di sekitar padang. Di antaranya Padang Pariaman, Mentawai, dan akan terus bergerak ke arah Bengkulu, Lampung, hingga Selat Sunda dan Pelabuhan Ratu.
 
Di kawasan Jawa, lanjut Sangap, sejumlah kawasan juga berpotensi terjadi gempa berkekuatan besar. Mulai dari Selat Sunda, Sukabumi, Cianjur, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Yogyakarta, hingga daerah Jawa Timur. Gempa di Jawa tercatat cukup banyak dari tahun ke tahun.
 
”Sedangkan di Indonesia Timur, kawasan yang berpotensi gempa berada di Sumbawa, Flores, Timor, Sulawesi, Maluku hingga Irian. Tapi getarannya belum ada yang mengalahkan gempa di Sumatra," tandas Sangap.
 
Karena itu, guna menyikapi kejadian tersebut pihaknya akan mengumpulkan sejumlah pakar untuk mengantisipasi bencana gempa bumi di Tanah Air.
 
“Tanggal 3 Juni mendatang kami akan kumpulkan pakar dari UGM, ITB, LIPI, BMKG, dan LSM. Pertemuan akan digelar di Kompleks Istana Negara,” pungkasnya.
(teb)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jual Narkoba, Bapak & Anak Kompak Masuk Bui