Image

Ingin Tekuni Profesi Bidan? Cari Tahu Dulu Infonya

Ilustrasi : Corbis

Ilustrasi : Corbis

JAKARTA - Banyak anggapan muncul terkait profesi kebidanan. Mulai dari profesi bidan yang identik dengan kaum hawa hingga biaya kuliah kebidanan yang tidak jauh berbeda dengan jurusan kedokteran.

Benarkah semua hal tersebut? Berikut hasil tanya jawab dengan seputar dunia kebidanan dengan Ketua Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI) Harni Koesno dan sejumlah mahasiswa dari sekolah kebidanan yang ditemui seusai inagurasi pemberian beasiswa program Akademi Andalan besutan DKT Indonesia di Hotel Harris, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2012).

Benarkah hanya wanita yang bisa menjadi bidan? Dapatkah laki-laki menekuni dunia kebidanan?

Ulfa Ainiyah, salah satu mahasiswa kebidanan menyebutkan, belum pernah menemukan ada mahasiswa laki-laki yang menekuni jurusan kebidanan. "Setahu saya di sekolah kebidanan manapun di Indonesia, termasuk di kampus saya, tidak ada mahasiswa laki-laki. Kalau di sekolah keperawatan memang ada," ujar Ulfa.

Hal senada diperkuat Ketua Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI) Harni Koesno. "Di Indonesia, definisi bidan itu perempuan. Jadi memang menutup kesempatan laki-laki untuk menjadi bidan," katanya.

Lantas, benarkah biaya perkuliahan di jurusan kebidanan terbilang mahal layaknya program studi (prodi) kedokteran?

Ufiyah Hakimah, mahasiswi program studi Kebidanan Sutomo Poltekes Kemenkes Surabaya mengungkapkan, untuk menyelesaikan pendidikan kebidanan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membutuhkan dana sekira Rp50 juta. "Uang sumbangan jurusan kebidanan Unair minimal Rp15 juta sementara uang kuliah per semester Rp6 juta," ujar Ufi.

Menurut Harni, biaya kuliah kebidanan memang tergolong mahal sebab mereka harus melakukan praktik untuk aplikasi ilmu yang telah mereka dapatkan. "Menjadi mahal karena mereka harus melakukan praktik dan membayar dosen. Ya pembayaran itu untuk operasional," tutur wanita berkerudung ini.

Jika memang tertarik menekuni dunia kebidanan, berapakah biaya yang harus disiapkan orangtua hingga lulus?

Harni mengatakan, bagi para pelajar yang akan menekuni dunia kebidanan, harus mempersiapkan dana sekira Rp30 juta hingga lulus. "Untuk uang masuk pertama, mahasiswa harus membayar Rp10 juta. Sementara biaya kuliah per semester, maksimal Rp5 juta," ujar Harni.

Sekolah atau akademi kebidanan seperti apa yang harus dipilih oleh calon mahasiswa?

Harni menyarankan, para calon mahasiswa yang ingin menekuni dunia kebidanan hendaknya memilih kampus/sekolah/akademi kebidanan yang sudah terakreditasi. "Minimal sekolah atau akademi kebidanan tersebut telah terakreditasi B," tuturnya.(mrg)

(rhs)
Berita Rekomendasi Kebidanan
Live Streaming
Logo
breaking news x