Kecelakaan Marak, Kementerian PU dan Polisi Juga Tanggung Jawab

|

JAKARTA - Keamanan dan keselamatan saat berkendara tentunya menjadi keinginan bagi para pengguna jalan. Tentunya perlu ada kerja sama yang baik dari diri sendiri dengan instansi dinas terkait. Perlu adanya rasa waspada setiap berkendara agar pengendara dan pengguna jalan berhati-hati. Tidak sedikit pengendara kendaraan bermotor yang acuh dan lalai terhadap peraturan yang berlaku bagi setiap pengendara kendaraan bermotor.

Tercatat tahun 2012 ini sudah ada 638 korban jiwa akibat kecelakaan. Hal ini mendapat perhatian dari Pengamat Transportasi Darmaningtyas, ia mengatakan terkait berita tersebut bahwa kecelakaan bukan hanya tanggung jawas Dinas Perhubungan (DISHUB). " Untuk kasus kecelakaan ini, bukan hanya tanggung jawab Dinas Perhubungan (DISHUB) tetapi merupakan tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang menyediakan jalan dan aparat kepolisian yang menegakkan hukum," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, Kamis (22/8/2012)

"Kalau masalah itu semuanya harus bekerja sama menekan angka korban kecelakaan, harus ada upaya yang ekstra agar tingkat kecelakaan tersebut mengalami penurunan dan diminimalisir. Perlu ada kerja sama juga dari para pengendara kendaraan bermotor" ujarnya

Cara menekan jumlah korban kecelakaan Darmaningtyas menyatakan, para pemudik harus segera mengurangi berkendara saat motor saat mudik lebaran . Karena masih banyak transportasi lain yang dinilai nyaman untuk dipakai saat mudik. Seperti moda Kereta Api yang sudah memberlakukan Boarding Pass dimana cara ini efektif bagi PT KAI, dan juga moda Kapal Laut, setelah itu ada moda Transportasi Bus yang peminatnya berkurang karena pemudik lebih memilih berkendara dengan sepeda motor.

"Karena korban kecelakaan itu mayoritas pengendara motor maka harus ada target mengurangi mudik pakai motor. Masih banyak jenis angkutan lain yang lebih aman daripada harus mengambil risiko menggunakan sepeda motor," tutupnya.

(ahm)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tiga Penambang Emas Ilegal Tewas Keracunan