Sering Kecelakaan, DPR Siapkan Sanksi Bagi Lion Air

Rabu, 17 April 2013 06:16 wib | Angkasa Yudhistira - Okezone

Foto Lion Air tergelincir ke laut Bali beredar di Blackberry Message Foto Lion Air tergelincir ke laut Bali beredar di Blackberry Message JAKARTA – Anggota Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo, menyatakan tragedi pesawat Lion Air yang jatuh di Laut Bali mutlak kesalahan maskapai Lion Air.

“Landasan standar internasional, pesawat masih baru, cuaca clear, pilot pengalaman, lalu bagaimana kok bisa jatuh? Jangan membodohi masyarakat. Hampir mayoritas kecelakaan udara karena human error,” ujar Sigit melalui pesan singkatnya kepada Okezone, Selasa 16 April malam.

Atas dasar itu, Sigit mempertanyakan rekruitmen dan pembinaan yang dilakukan oleh pihak Lion Air terhadap pilot dan co-pilot mereka. “Bagaimana Lion melindungi kebugaran pilot dan co-pilot? Ini semua harus dijelaskan terbuka oleh Lion,” kata Sigit.

Selain itu, Sigit menginginkan pihak Lion Air bertanggung jawab pada ratusan penumpang yang menjadi korban dalam tragedi tersebut.

“Ada 100 lebih penumpang saat kecelakaan di Bali, ada ribuan penumpang Lion setiap hari dan jutaan penumpang tiap tahun. Kami DPR ingin tahu komitmen Lion. Kalau dirut-nya sebagai representasi Lion tidak pernah muncul dan memberikan penjelasan serta datang ke rumah sakit mengunjungi penumpang yang luka atau dirawat, maka DPR meragukan komitmen Lion terhadap keselamatan angkutan udaranya. Kami akan memikirkan tindakan dan sanksi bagi maskapai dengan rekor kecelakaan yang tinggi seperti Lion ini,” tegasnya.

Sigit menambahkan, kecelakaan yang menimpa Lion Air selaku maskapai penerbangan nasional, telah merusak sistem keamanan penerbangan yang salama ini dibangun di Indonesia.

“Ini membuat kepercayaan terhadap dunia penerbangan Indonesia yang aman menjadi hancur,” tandasnya.
(tbn)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

 
Berita
Terpopuler
Komentar Terbanyak
BACA JUGA »