KH Hasyim Muzadi Wafat, Indonesia Kehilangan Sosok Teladan

foto: Antara

foto: Antara

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU), KH Hasyim Muzadi meninggal dunia di usia 72 tahun di kediamannya di Pondok Pesantren Al Hikam, Malang sekira pukul 06.15 WIB.

Kepergian mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden untuk pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu meninggalkan luka mendalam bagi bangsa ini.

Ribuan anggota masyarakat baik di Malang maupun Depok bersama-sama melepaskan kepergian Kiai Hasyim sebagai penghormatan atas darmabaktinya selama hidup kepada negara. Pemakaman pun digelar secara militer.

 Ribuan Warga Antar Jenazah Almarhum Hasyim Muzadi ke Tempat Peristirahatan Terakhir

Wakil Presiden RI Jussuf Kalla (JK) pun memimpin langsung upacara pemakaman Kiai Hasyim. Dia pun mengenang orang nomor satu PBNU itu yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan semasa hidupnya.

"Dengan kepergian almarhum, kita telah kehilangan putra yang baik yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan. Tentu semua yang dilakukan almarhum semasa hidupnya sangat bermanfaat untuk dijadikan teladan bagi kita yang masih hidup," ucap Jusuf Kalla saat memimpin pemakaman di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat, yang dikutip Koran SINDO, Jumat (17/3/2017).

Tak hanya JK saja yang mengiringi kepergian Kiai Hasyim ke tempat terakhirnya, pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Salahuddin Wahid atau yang akrab dengan sapaan Gus Solah juga merasa kehilangan tokoh yang patut menjadi teladan. Karena kepergian Kiai Hasyim ini bukan hanya meninggalkan duka bagi keluarga, tetapi juga bagi seluruh masyarakat.

"Indonesia kehilangan tokoh Indonesia. Beliau tak pernah lupa memikirkan bangsa ini. Kita harus meneladaninya dan harus siap menjadi penerusnya," kata Gus Solah.

 Jenazah Hasyim Muzadi Diberangkatkan ke Depok

Dalam pemakaman Kiai Hasyim dihadiri juga dengan sejumlah tokoh nasional. Selain Wapres, mereka antara lain Ibu Sinta Nuriah, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Tokoh FPI Habib Rizieq Shihab dan sejumlah menteri turut hadir seperti Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Dalam Negeri Tjahji Kumolo, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

 

(wal)
Live Streaming
Logo
breaking news x