Jet Tempur F-18 AS Jatuh di Laut Sulawesi

Foto: Reuters

Foto: Reuters

MANILA – Sebuah pesawat tempur milik Amerika Serikat (AS) jatuh di Laut Sulawesi, di selatan Filipina saat akan mendarat di kapal induk AS USS Carl Vinson. Tidak ada korban dalam peristiwa itu karena pilot telah berhasil melontarkan diri.

Armada Komando ke-7 AS dalam keterangannya menjelaskan, pesawat F/A-18E yang merupakan bagian dari Carrier Air Wing 2 itu sedang melakukan prosedur pendekatan terakhir pendaratan ke USS Carl Vinson saat peristiwa itu terjadi. Kejadian ini masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

“Tidak ada luka-luka yang tampak saat ini,” demikian disampaikan Angkatan Laut AS sebagaimana dilansir Russia Today, Sabtu (22/4/2017). Tim medis telah memeriksa pilot pesawat yang tidak disebutkan namanya.

USS Carl Vinson dikerahkan ke Asia Timur pada Januari dan saat ini tengah dalam perjalanan menuju Semenanjung Korea untuk menghadapi ancaman nuklir Korea Utara (Korut). Dalam kelompok tempurnya, kapal induk itu ditemani oleh kapal penjelajah bersenjata rudal USS Lake Champlain, dan kapal perusak USS Wayne E. Meyer dan USS Michael Murphy.

(dka)
Live Streaming
Logo
breaking news x