nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wirausaha Muda Mandiri 2008 Cetak 6 Wirausahawan

Rabu 03 Desember 2008 18:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2008 12 03 229 170366

JAKARTA - Bank Mandiri kembali menobatkan enam Wirausaha Muda Mandiri (WMM) pada Malam Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2008 yang berlangsung Rabu (3/12/2008) di Jakarta. Mereka tersaring dari 1.057 mahasiswa dari 198 perguruan tinggi di Indonesia yang tersebar di 26 provinsi.

Program WMM merupakan bentuk perhatian Bank Mandiri terhadap besarnya jumlah pengangguran di Indonesia, terutama dari kalangan generasi muda. Seperti diketahui, jumlah pengangguran terbuka di Indonesia pada 2007 mencapai 10,5 juta jiwa. Padahal untuk menjadi negara maju, minimal jumlah wirausaha adalah 2% dari total jumlah penduduk.

Sementara itu, di Indonesia jumlah wirausaha baru mencapai 0,18% dari total populasi. Sehingga berarti masih butuh 4 juta lebih wirausahawan.

Karenanya, melalui program WMM, Bank Mandiri berharap dapat mengajak generasi muda menjadi generasi yang mandiri. Sehingga diharapkan dapat terwujud generasi muda yang bukan hanya menjadi generasi pencari kerja, namun mampu menjadi generasi pencipta lapangan kerja.

"Pengangguran dan kemiskinan telah menjadi masalah besar di Indonesia. Pendidikan kewirausahaan ini adalah cara tepat untuk mengatasi pengangguran di negara kita dengan menghasilkan pencipta kerja dan bukan pencari kerja. Sebagai generasi penerus bangsa yang cinta tanah air, merupakan kewajiban kita untuk dapat mengentaskan bangsa kita dari keterpurukan." kata Agus Martowardojo, Direktur Utama Bank Mandiri di sela-sela acara Malam Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2008 yang turut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Adapun para pemenang WMM 2008, untuk kategori Diploma dan Sarjana, masing-masing juara pertama, kedua dan ketiga disabet oleh Dwi Arianto Nugroho (ITB - Bandung), Asri Tadda (Universitas Hasanuddin - Makassar) dan Sinta (Universitas Lampung - Lampung).

Sementara itu dari kategori Pascasarjana dan Alumni adalah Hengky Eko (S2 Universitas Indonesia - Jakarta), Juliana Pangestu (Ahli Madya UGM -Yogyakarta) dan Deni Delyandri (Universitas Andalas - Padang).

Mereka yang terpilih sebagai pemenang telah melalui masa penyeleksian selama 3 bulan yang diawali dengan hasil survei di 8 kota besar, yaitu Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, dan Makassar.

Proses penjurian terakhir melalui seleksi yang ketat terhadap aspek bisnis dengan bobot penilaian sebesar 40%, aspek inovasi bisnis sebesar 30%, serta aspek sosial sebesar 30%. Penjurian dilakukan dengan wawancara oleh tim juri yang berasal dari berbagai kalangan yaitu perbankan oleh Direksi Bank Mandiri, pengusaha nasional, media, perguruan tinggi.

"Menjadi wirausahawan merupakan pilihan sekaligus keharusan, terlebih di tengah pertumbuhan ekonomi yang bergerak lamban dan ketersediaan lapangan kerja yang sangat terbatas. Kami yakin dengan Program Wirausaha Muda Mandiri ini dapat menciptakan generasi muda yang tangguh dan mandiri." lanjut Agus.

WMM hadir tidak hanya sekadar memberikan dukungan pembiayaan namun juga memberikan pendampingan untuk meningkatkan kapabilitas wirausahawan dan calon wirausahawan.

Sebagai bagian rangkaian kegiatan program WMM, workshop WMM diharapkan dapat memberikan pencerahan dan pengarahan kepada seluruh peserta yang hingga kini telah diikuti oleh 3.125 mahasiswa dari 95 PTN/PTS di 8 kota besar di Indonesia. Selain itu dalam rangkaian program WMM juga mencakup kuliah umum wirausaha, kompetisi business plan, award wirausaha, training wirausaha, program pembinaan dan program kemitraan.

Program WMM ini merupakan perwujudan Corporate Social Responsibility atau CSR yang disusun selaras dengan tujuan Bank Mandiri melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini