nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Calon Dan Sektor Timur Unifil Kunjungi Satgas POM TNI

Rabu 17 Juni 2009 17:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2009 06 17 229 230317

Blat Marjayoun UN Posn 7-3, Lebanon - Calon Komandan Sektor (Dansektor) Timur Unifil, Brigadir Jenderal Ricardo Alvarez-Espejo Garcia mengadakan kunjungan ke Markas Satgas POM TNI Konga XXV-A/UNIFIL di UN Posn 7-3 Marjayoun, Lebanon.  Dalam kunjungan orientasi tersebut, Calon Komandan Sektor Timur Unifil didampingi oleh calon COS (Chief of Staff),  calon Military Assistant (MA) dan beberapa Staf Sektor Timur yang diterima  langsung oleh Dansatagas POM TNI - Letnan Kolonel Cpm Ujang Martenis.

Menurut Dansatgas, kunjungan calon Komandan Sektor Timur dan Staf dari Spanyol ke satuan jajaran di wilayah Sektor Timur Unifil merupakan kegiatan orientasi yang dilaksakanan oleh calon pejabat Sektor Timur Unifil. Seperti diketahui, pada pertengahan bulan Agustus 2009 mendatang akan dilaksanakan pergantian Kontingen Spanyol secara keseluruhan. Pejabat Komandan Sektor Timur Unifil saat ini adalah  Brigadir Jenderal Jose Maria Prieto Martinez yang juga dari Spanyol.

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan bahwa orientasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pandangan mengenai misi dan organisasi Sektor Timur Unifil, lokasi dan satuan-satuan dari negara mana saja yang bertugas di wilayah Sektor Timur, serta mengetahui lingkungan wilayah Sektor Timur untuk memudahkan adaptasi sebelum memulai penugasan nantinya.  Satuan yang dikunjungi selain Satgas POM TNI adalah Markas Besar Unifil di Naqoura, Markas Besar Sektor Timur "Miquel de Cervantes Base"di Marjayoun, Batalyon Spanyol, Batalyon Indonesia (Indobatt), Batalyon India, Batalyon Nepal, Kontingen Malaysia, dan Markas Besar Sektor Barat di Tibnin. Selain orientasi dilaksanakan melalui jalur/perjalanan darat juga dilakukan melalui udara dengan heli yang juga dimiliki oleh Kontingen Spanyol.

Dalam kunjungan yang diawali dengan penghormatan berjajar oleh prajurit Satgas POM TNI tersebut, calon Komandan Sektor Timur dan Staf berkenan menerima paparan Dansatgas yang dipaparkan oleh Pasi Pers Satgas, Kapten Cpm Ade San Arief tentang misi, tugas dan tanggung jawab, struktur organisasi, alat perlengkapan  Satgas POM TNI Konga XXV-A/UNIFIL sebagai SEMPU (Sector East Military Police Unit) di UNIFIL, serta hasil pelaksanaan tugas sejak penempatan Satgas POM TNI sebagai Polisi Militer Internasional (IMP) di Sektor Timur dan kejadian-kejadian  menonjol terkait dengan fungsi militer yang terjadi di daerah Sektor Timur Unifil.  

Pada kesempatan tersebut, calon Komandan Sektor Timur menyampaikan terimakasih kepada Dansatgas POM TNI yang telah memberikan penjelasan secara detail tentang Satgas sehingga dapat menambah pengetahuan mengenai  kondisi dan situasi daerah penugasan di Unifil khususnya mengenai Polisi Militer Sektor Timur. Beliau juga mengharapkan Satgas POM tetap menunjukkan semangat dan dedikasi sampai akhir penugasan nanti termasuk pada saat beliau dan staff memulai bertugas pertengahan Agustus mendatang.

Ada nuansa lain dalam kunjungan kali ini. Paparan tentang Satgas yang biasanya dipaparkan oleh Dansatgas atau Wadan Satgas, pada paparan kali ini atas perintah Dansatgas dilaksanakan oleh Kasi Pers Satgas, Kapten Cpm Ade San Arief. Para perwira senior khususnya Perwira Staf harus dilatih dan diberikan kesempatan untuk belajar agar nantinya mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar. Mereka secara bergantian akan diberikan kesempatan melaksanakan paparan tentang Satgas pada saat menerima kunjungan di waktu mendatang. Demikian dikatakan Dansatgas di akhir pernyataannya.

Authentifikasi:

Pa Pen Satgas POM TNI Konga XXV-A, Lettu Sus M. Soleh, S.IK

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini