nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebijakan Pemerintah Terkait Kasus Bank Century Sudah Benar

Rabu 16 Desember 2009 12:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 12 16 230 285576

Keputusan penyelamatan Bank Century harus dilihat dalam konteks atau situasi dan kondisi eksternal yang terjadi pada waktu itu, bukan situasi dan kondisi saat ini. Kebijakan tersebut harus diambil karena itu yang paling baik.

Kebijakan penyelamatan Bank Century saya nilai sudah benar, karena selain dilakukan saat perekonomian Indonesia terimbas turbulensi krisis finansial global, juga karena biayanya lebih murah dibanding membiarkan bank tersebut bangkrut. Penyelamatan Century seharga Rp 6,7 triliun masih lebih murah daripada membiarkan bank Century tutup. Dampaknya akan luas dan menimbulkan kepanikan bagi nasabah dan masyarkat Indonesia, jika dibiarkan bank Century mati.

Chairman Global Nexus Institute, Christian Wibisono mengatakan banyak kalangan berharap kemelut kasus Bank Century cepat dituntaskan karena sudah merambah keranah politik, sehingga mengganggu stabilitas ekonomi. Dari kaca mata ekonomi, kebijakan Komite  Koordinasi (KK) sebagai tindak lanjut Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang menyatakan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik dan harus diselamatkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tidak dapat dipidanakan. Kebijakan itu memang harus diambil karena kegentingan yang memaksa (emergency action) dengan resiko krisis seluruh sistem perbankan Indonesia.

Mantan Dirut Bursa Efek Indonesia, Erry Firmansyah mengatakan pada bulan Nopember 2008 pasar modal di seluruh dunia sedang mengalami keguncangan akibat krisis keuangan di Amerika Serikat, termasuk pasar modal di Indonesia yang mengalami penurunan hingga 50 %. Pada saat itu aksi jual besar-besaran melanda lantai bursa, dimana saham unggulan dijual murah oleh investor untuk mendapatkan uang kontan.

Aksi penarikan modal  dimulai oleh investor asing untuk memperkuat likuiditas mereka,  yang kemudian diikuti investor dalam negeri. Dalam situasi demikian, semua otoritas keuangn memang harus cepat mengambil kebijakan.  Jika tidak, maka sistem keuangan terancam kolaps. Oleh karena itu, kebijakan KSSK menyelamatkan Bank Century dinilai tepat jika melihat konteks situasi krisis saat itu.

Membawa kasus Bank Century ke ranah politik memang sangat riskan dan beresiko, kemungkinan akan dimanfaatkan pihak berkepentingan sangat besar. Oleh karena itu, adanya Pansus hak angket di DPR perlu dicermati dan diawasi publik agar tidak ada penyelewengan. Menghimbau masyarakat yang berunjuk rasa jangan sampai mudah terprovokasi pertarungan elit politik.

Semua pihak harus mendorong pertumbuhan Bank Mutiara (Bank Century) agar bank tersebut mempunyai nilai yang tinggi, sehingga saat LPS menjualnya bisa mendapatkan keuntungan. Dengan demikian, masyarakat akan menyadari kalau penyelamatan Bank Century pada waktu itu sudah benar.

Semoga kasus ini cepat selesai dan tidak berlarut-larut.

Dini Kinanthi

Jl.Raya Lenteng Agung Gang 100, Lenteng Agung, Jakarta Selatan

Email : dinikina@plasa.com

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini