nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhiri Polemik Kasus Bank Century

Rabu 16 Desember 2009 14:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2009 12 16 230 285649

Kasus dana talangan Bank Century telah menyedot perhatian dikalangan masyarakat Indonesia, sehingga dapat memecah konsentrasi pelaksanaan berbagai agenda penting pembangunan bangsa.

Polemik kasus Bank Century telah menyita banyak energi dan sekaligus perhatian publik, bahkan melupakan program kerja bangsa, termasuk Program 100 Hari Kabinet. Kegaduhan atas kasus Bank Century menimbulkan pertanyaan, kapan pemerintah dan masyarakat bisa bekerja tenang jika terus-menerus merasa terganggu oleh ingar-bingar persoalan pelik macam itu.

Persoalan seperti dalam kasus Bank Century, kasus Bibit dan Chandra, nampanya tidak habis habisnya, datang silih berganti. Persoalan memang senantiasa akan terus datang menghadang. Maka, setiap kali sangat diperlukan sikap tanggap, segera mengambil inisiatif, melakukan terobosan penyelesaian. Tidak dibiarkan berlarut-larut sampai runyam. Sebagai persoalan yang kompleks dan sangat sensitif, penyelesaian cepat atas kasus Bank Century sangat diperlukan untuk mencegah komplikasinya yang lebih jauh dan rumit.

Manuver politik di kalangan DPR maupun aksi masyarakat di jalanan berjalan masing-masing menurut logika, cara penafsiran, dan kepentingan sendiri-sendiri. Tidak ada benang merah dan komitmen bersama untuk menyelesaikan persoalan secara komprehensif. Lebih memprihatinkan lagi, situasi keruh itu terkadang dipakai untuk saling melakukan fitnah dan merusak bangunan sikap saling percaya yang sebenarnya belum terlalu kokoh dalam kultur sosial politik Indonesia.

Kasus Bank Century yang begitu kompleks dan sensitif sungguh mendesak untuk segera diselesaikan secara terbuka, cepat, cermat, dan arif dengan selalu mengacu dan mendahulukan kepentingan bangsa yang jauh lebih besar.

Kedepankan proses hukum yang transparan dan adil. Akhiri segera polemik seputar kasus Bank Century, karena akan buang energi dan pikiran saja. Sementara tantangan ke depan jauh lebih kompleks dan beraneka ragam, dalam kerangka mengisi pembangunan dalam kerangan NKRI Bekasi.

Kurnelius Budi Kuncoro

Jalan Kelapa Hijau, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Email : kbkuncoro@plasa.com

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini