Share

Wali Kota Tangerang Belum Izinkan 2 PNS Nyalon

Amba Dini Sekarningrum, Okezone · Selasa 23 Juli 2013 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 23 501 841473 snQBFz8DdY.jpg ilustrasi

TANGERANG – Wali Kota Tangerang, Wahidin Halim hingga kini belum menjawab surat klarifikasi yang dilayangkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangerang terkait izin dua bawahannya yang hendak mencalonkan diri di Pemilukada Kota Tangerang 2013.

 

“Hingga saat ini Wali Kota dan (BKPP) belum menjawab surat yang kami layangkan terkait hal tersebut,” kata Ketua KPUD Kota Tangerang, Safril Elain, Selasa (23/7/2013).

 

Safril mengatakan, KPUD tidak punya kewenangan untuk memaksa Wahidin untuk membalas surat yang dilayangkan. Untuk itu, pihaknya hanya bisa menunggu hingga batas waktu hari ini sesuai yang telah dijadwalkan.

 

Saat ditanyakan apakah bakal calon (balon) yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat terus mencalonkan diri pada Pemilukada, Safril mengatakan ada dua pendapat berbeda.

 

Pertama, bila berdasarkan peraturan KPU surat pengunduran diri yang dibuat balon sudah tidak ada masalah. Namun, peraturan KPU pasal 92 terkait masukan masyarakat yang meminta melihat dari sudut aturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) maka hal ini harus ditindak lanjuti.

 

“Izin dari atasan langsung, dalam hal ini walikota menjadi mutlak dalam aturan BKN. Tapi KPUD tidak terkait dengan hal tersebut, dan hal ini akan diputuskan dalam pleno nantinya,” ucapnya kembali.

 

Untuk diketahui, hingga saat ini Wali Kota Tangerang belum mengeluarkan izin pencalonan bagi dua PNS yang mencalonkan diri pada Pemilukada, mereka adalah Sekda Kota Tangerang Harry Mulya Zein dan Camat Pinang Sachrudin.

(cns)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini