nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Adu Sains di Universitas Siswa Bangsa Internasional

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Sabtu 30 November 2013 09:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 11 29 373 905014 fSA9KMpkf2.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Faculty of Science and Technology Universitas Siswa Bangsa Internasional (FST-USBI) menyelenggarakan "USBI Science & Technology Competition 2013". Sebanyak 10 kelompok inovator muda dari tingkat SMP, SMA, dan SMK unjuk kebolehan di ajang kompetisi yang terdiri atas dua kategori, yaitu poster karya ilmiah dan produk inovatif.

USBI berharap pada ajang ini, mampu memberikan semangat dan mendorong para inovator muda di Indonesia untuk terus mengasah kreativitas mereka, kemudian pada akhirnya akan mendorong Indonesia menjadi negara maju.

"Melalui ajang ini, USBI berupaya mendukung, memicu, dan meletupkan semangat inovator muda untuk terus kreatif serta produktif. Hal ini akan menjadi modal utama bagi anak bangsa untuk menghadapi tantangan global yang kompetitif," ujar Dean of Faculty of Science and Technology USBI Prof. Dr. Teddy Mantoro, dalam siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (30/11/2013).

Dalam kompetisi ini, masing-masing kelompok diharuskan untuk mempresentasikan poster karya ilmiah dan/atau produk inovatif di bidang sains dan teknologi yang mereka siapkan. Produk inovatif yang mereka ciptakan antara lain, Solar Energy Converter Power Bank, Al-Quran Rumus Canggih, Masker Herbal Penyaring Asap Rokok, Pembangkit Listrik Segala Musim, dan Spin as Energy Saver.

Teddy melanjutkan, kompetisi ini diselenggarakan FST-USBI untuk mendukung kreativitas inovator muda dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"FST-USBI percaya bahwa kreativitas mereka memerlukan wadah dan dukungan guna mengasah kemampuan mereka dan untuk mendorong terciptanya inovasi lainnya di Indonesia, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi," ucapnya.

Setiap kompetisi pasti hadiah. Nah, bagi masing-masing kategori, terdapat kelompok pemenang yang mendapat medali emas mendapatkan uang tunai senilai Rp1,5 juta, kelompok yang mendapat medali perak mendapat Rp1 juta, dan kelompok yang mendapatkan medali perunggu mendapat Rp750 ribu. Tidak hanya itu, setiap peserta akan mendapatkan piagam yang diharapkan mampu memacu mereka untuk tetap berprestasi.

(ade)

Berita Terkait

Universitas Siswa Bangsa Internasional

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini