Penyebab Banjir Bukan Kampung di Sekitar Waduk, tapi Mal!

Aisyah, Okezone · Senin 16 Desember 2013 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 16 500 912881 ruaMufRm5Z.jpg

JAKARTA- Penyebab utama banjir di Jakarta bukanlah banyaknya kampung di sekitar waduk. Upaya penggusuran warga sekitar Waduk dan sungai di Jakarta bukanlah solusi utama mencegah banjir.

"Kondisi Jakarta belum kondusif, pola penggusuran tetap ada, walaupun dengan alasan demi kebaikan publik seperti macet dan banjir. Padahal, penyebab banjir bukan kampung-kampung di sekitar waduk dan sungai, tapi mall!," kata pakar ilmu sosiologi asal Australia, Ian Wilson dalam diskusi Refleksi Akhir Tahun Warga Kota Jakarta "Menuju Jakarta yang Manusiawi"  di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Senin (16/12/2013).

Ian mencatat, Jakarta menempati urutan pertama kota yang paling banyak memiliki mal di dunia. Ada sekira 140 mal berdiri di Jakarta. "Setiap tahun Jakarta tenggelam 10 centimeter dan wilayah Jakarta Utara bisa saja tenggelam. Banyak mal yang ada harus dihilangkan," jelasnya.

Lebih lanjut Ian mengatakan, banyak warga yang menjadi korban penggusuran dengan alasan mengatasi banjir. "Saya mengerti banyak warga yang kecewa. Alasan memang berbeda di setiap pemerintahan tapi tetap saja itu penggusuran," ucapnya.

Dikatakan Ian, pemerintah provinsi DKI saat ini juga tampak lebih menonjolkan politik citra dan tak lagi memperhatikan rakyat secara lebih dekat. "Politik citra itu kan bisa melakukan semuanya dengan cepat tapi sesudah itu pada akhirnya tidak ada lagi pendampingan. Relasi kekuasaan dan masyarakat menentukan sebuah kota," tukasnya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini