Bebas & Tinggal di Villa Mewah, Corby Bikin Indonesia Cemong

Awaludin, Okezone · Rabu 12 Februari 2014 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 12 339 939412 edvJZhssMd.jpg Foto: ABC

JAKARTA - Sikap ratu mariyuana Schapelle Leigh Corby (37) yang memilih tinggal di vila mewah usai dibebaskan bersyarat, menuai kritikan.

Corby sebelumnya dikabarkan akan tinggal di rumah Mercedes, sang kakak yang juga menjadi penjaminnya. Namun, Corby memilih tinggal di Villa Santosa di jalan Pura Telaga Waja, Seminyak, Kuta, yang harganya terbilang mahal.

 

Pengamat hukum pidana Universitas Pajajaran (Unpad), Yesmil Anwar, menilai hukum di Indonesia terhadap ratu ganja itu dari pertama sudah tidak konsisten.

 

"Dari awal memang sudah tidak konsisten terhadap sesuatu yang dicanangkan sebagai hukum politik nasional, dan politik hukum di Indonesia itu sangat dikuasai oleh kekuasaan," ujar Yesmil kepada Okezone, Rabu (12/2/2014).

 

Menurutnya, tidak ada keadilan hukum di Indonesia yang ada hanya azas manfaat.

 

"Dia (Corby) itu tidak pantas ada di villa mewah, atas dasar apa, apa kepastian hukum yang dia pegang, selain itu dia juga disorot oleh media internasional. Corby itu pintar," tuturnya.

 

"Sebenarnya kita harus membantu untuk mengatakan bahwa dia jelek. Karena dia berlindung di balik kepastian hukum. Hukum Indonesia menjadi jelek di mata internasional," sambung Yesmil.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini