Share

Unismuh Validasi Data Wisuda ke-53

Arpan Rachman, Okezone · Rabu 12 Februari 2014 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 12 373 939967 z8yhGJsWEU.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali melakukan persiapan validasi data untuk wisudawan sarjana ke-53 dan pascasarjana. Acara wisuda itu akan dilaksanakan Maret 2014 dengan batas akhir pelaporan data pada 10 Maret 2014.

Rapat evaluasi Wisuda ke-53 tersebut digelar di Ruang Rapat Senat Unismuh yang dipandu ketua panitia sekaligus Direktur Aksi Unismuh, Hj. Budi Setiawati, Rabu (12/2/2014).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Koordinator Seksi Validasi Data Tasrib Akib mengatakan, validasi data wisudawan dilakukan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti ijazah tidak terdaftar pada database Dikti. Diungkapkannya, untuk menghindari hal tersebut dan kerap menjadi kendala dalam pelaporan, maka dibutuhkan format tertentu dan sesuai dengan identitas yang tertera di ijazah.

Selain itu, Tasrib menambahkan, di ijazah juga tercantum Stambuk, nama mahasiswa, jurusan, fakultas, tempat tanggal lahir, dan jenis kelamin, tanggal yudisium, nomor seri ijazah, Indeks Prestasi Kumulatif, dan Kartu Rencana Studi (KRS) mulai semester satu hingga terakhir.

"Format ini berguna untuk memudahkan penginputan data dan memaksimalkan pelaporan agar nama mahasiswa tersebut  terdaftar di Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti)," kata Tasrib.

Kendala lain, yang sering dialami dalam pelaporan wisudawan-wisudawati adalah data mahasiswa konversi, sehingga harus lengkap berapa SKS yang diakui dan berapa SKS yang akan ditempuh.

"Jangan tentukan tanggal wisuda sebelum pelaporan dan validasi data selesai karena indikator pelaksanaan wisuda harus memenuhi data yang benar-benar lengkap," tegas Tasrib.

Sementara itu Direktur Sumber Daya Keuangan (SDK) Hj. Ruliaty menjelaskan, wisudawan harus memenuhi kewajiban sebelum mengikuti prosesi wisuda.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini