Mahir Bawa Pesawat Tempur, Kini Bambang Pimpin Basarnas

Susi Fatimah, Jurnalis · Selasa 30 Desember 2014 11:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 30 17 1085570 mahir-bawa-pesawat-tempur-kini-bambang-pimpin-basarnas-O97jg5jeq6.jpg Mahir Bawa Pesawat Tempur, Kini Bambang Pimpin Basarnas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nama Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F. Henry Bambang Sulistyo, sering disebut-sebut namanya setelah peristiwa hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501.

Pria kelahiran Yogyakarta 1957 itu memimpin pencarian pesawat berpenumpang 155 orang yang diduga jatuh di perairan Bangka Belitung.

Dilansir dari Wikipedia, Bambang adalah seorang perwira tinggi TNI-AU. Sejak 14 April 2014, dia menjabat sebagai Kepala Basarnas menggantikan Letjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin.

Lulusan Akabri Udara 1982 itu mengawali karier melalui Sekolah Penerbang Angkatan 28, Sekolah Instruktur Penerbang Angkatan 35 dan berpengalaman sebagai penerbang tempur Hawk MK-53.

Bambang juga pernah melakukan aerobatik solo dengan pesawat tersebut di Jakarta Air Show (JAS’96) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan leader pada tim aerobatic Jupiter tahun 1997. Selain itu Bambang juga pernah menjadi anggota Kontingen Garuda XIV/Bosnia-Herzegovina sebagai pasukan United Nation Military Observer (1993-1994).

Pendidikan umum dan militer yang pernah dilaluinya adalah SMA Negeri Argomulyo Yogyakarta dan S1 Universitas Merdeka Madiun serta Sekkau, Seskoau, Sesko TNI, Lemhannas DSC/DSSC, Sekbang Angkatan ke-28, Air Refueling Course A-4 Sky Hawk, Combat Survival Course, Sekolah Instruktur Penerbang serta Defence Strategic and Studies Course.

Suami dari Ratih Setyaningsih dan ayah dari Arniha Citra L dan R.H Yudha itu memiliki tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI, XXIV, Satya Lencana Dwidya Sista, Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Santi Dharma serta UN Medal dan Bintang Yudha Dharma Pratama.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini