nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rusia Kirim Rudal Udara Mutakhir ke Iran

Jihad Dwidyasa , Jurnalis · Selasa 14 April 2015 07:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 14 18 1133676 rusia-kirim-rudal-udara-mutakhir-ke-iran-PIJJrywBZc.jpg Sistem pertahanan rudal udara S-300 (Foto: AP)

MOSKOW – Vladimir Putin, Presiden Rusia kirim rudal mutakhirnya ke Iran. Pengiriman S-300, yang merupakan salah satu senjata pertahanan paling ampuh di dunia sebagai tanda dibukanya kerjasama senjata Rusia-Iran.

Rudal udara S-300 memiliki jangkauan tembak hingga 200 kilometer. Rudal udara mutakhir itu juga memiliki kemampuan melacak dan menyerang beberapa target secara bersamaan. Rudal udara S-300 milik Rusia merupakan salah satu senjata pertahanan udara paling ampuh di dunia.

“Rudal udara S-300 adalah senjata eksklusif untuk pertahanan udara. Rudal ini tidak dapat dipakai untuk tujuan penyerangan. Saya yakin senjata pertahanan ini tidak akan membahayakan keamanan negara mana pun, termasuk Israel,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergey Lavrov, seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (14/4/2015).

Menyikapi hal itu, Menlu Amerika Serikat (AS) John Kerry menyatakan keberatan dengan keputusan Rusia kirim rudal ke Negara Iran. Ia bahkan telah menelefon Menlu Lavrov. “Saya pikir langkah itu bisa membahayakan rencana untuk akhirnya mencabut sanksi terhadap Iran sebagai bagian dari kesepakatan akhir program nuklir,” ujar Menlu Kerry.

Sebelumnya, Rusia sebenarnya telah menyepakati kontrak untuk menjual rudal udara S-300 ke Iran pada 2007. Namun, kontrak itu ditangguhkan selama tiga tahun karena AS dan Israel menyatakan keberatan. Presiden Putin pada Senin 13 April dilaporkan telah mencabut larangan tersebut.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini