Share

582 Imigran Rohingya Ditampung di GOR Aceh Utara

Salman Mardira, Okezone · Senin 11 Mei 2015 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 11 340 1147799 582-imigran-rohingya-ditampung-di-gor-aceh-utara-56MJMEYYYo.jpg Ilustrasi

BANDA ACEH - Ratusan imigran Rohingya, Myanmar, yang terdampar di perairan Aceh, kini sementara ditampung di Gedung Olahraga (GOR) Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Mereka akan diserahkan ke pihak Imigrasi dan Organisasi International Urusan Migrasi (IOM) untuk penanganan lebih lanjut.

"Mereka akan kami serahkan ke Imigrasi dan IOM, sekarang petugas IOM sedang menuju kemari," kata Kapolres Aceh Utara AKBP Achmadi saat dihubungi Okezone, Senin (11/5/2015).

Muspida setempat sudah membentuk tim untuk menangani sementara imigran gelap tersebut, termasuk mengurus kebutuhan makanan mereka. "Makanan ditangani sementara Dinas Sosial," ujar Achmadi.

Ia mengatakan, hingga saat ini tim masih terus mendata mereka. "Jumlah yang terdata sementara 582 orang, tapi ada kemungkinan bertambah nanti karena ini masih kami data dan cari lagi," tuturnya.

Ratusan imigran tersebut terdampar di daratan Seuneudon, Aceh Utara, pada Minggu 10 Mei 2015 pagi. Mereka sempat berpencar-pencar ke beberapa lokasi, sebelum dikumpulkan oleh tim pemkab setempat.

Kepada media, seorang imigran Rohingya bernama Mohammad Juned mengatakan, mereka pergi meninggalkan kampungnya yang bergejolak untuk menuju Malaysia. Para tekong boat yang memfasilitasi mereka menjanjikan pekerjaan di Negeri Jiran.

Belakangan mereka merasa ditipu, karena kapal yang disediakan para tekong ternyata rusak. Mereka kemudian terombang-ambing di tengah lautan selama berhari-hari tanpa makanan, dan akhirnya terdampar ke perairan Aceh Utara.

Juned mengatakan, 84 rekan mereka dalam kapal itu tewas akibat kelaparan dan dehidrasi selama terombang-ambing di lautan. Sebab, mereka tak kunjung tiba di daratan. Jenazah mereka pun dibuang ke laut.

Follow Berita Okezone di Google News

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini