nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelompok Din Minimi Berondong Mobil Polisi

Salman Mardira, Jurnalis · Senin 02 November 2015 17:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 02 340 1242359 kelompok-din-minimi-berondong-mobil-polisi-daXlUzp2vK.jpg Ilustrasi

BANDA ACEH - Kelompok bersenjata Din Minimi memberondong dua mobil operasional polisi, saat aparat sedang mengejar mereka di Gampong Tulang Geudong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, Senin (2/11/2015).

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, AKP Budi Nasuha Waruwu mengatakan, kejadian bermula saat tim gabungan Polres Aceh Timur dibantu personel Polres Aceh Utara menggelar operasi pengejeran terhadap kelompok Din Minimi, tadi pagi.

“Awalnya kita dapat informasi dari Aceh Utara kelompok Din menculik seorang warga dan dibawa ke Timur. Akhirnya kita buat pengejaran,” ujarnya saat dikonfirmasi Okezone.

Tim yang dipimpin Wakil Kapolres Aceh Timur, Kompol Charlie Syahputra tersebut menumpangi dua mobil operasional jenis Kijang. Sesampai di Gampong Tulang Geudong, mobil ditumpangi aparat itu tiba-tiba diberondong tembakan oleh kelompok Din Minimi dari jarak sekira 50 meter.

“Ada sekitar 11 orang mereka, bersenjata lengkap,” sebut Budi.

Mendapat serangan dari kelompok tersebut, polisi memberi tembakan balasan sehingga terjadi baku tembak. “Kita beri tembakan balasan dan kita kejar. Mereka kabur,” ujar Budi.

Aparat kemudian melakukan penyisiran untuk mencari kelompok kriminal tersebut. Polisi berhasil menangkap seorang pria bernama Zulkarnaen alias Dun (26), warga Grong-Grong, Kecamatan Pante Bidari, tak jauh dari lokasi kontak tembak. Pemuda ini diduga sebagai informan Din Minimi, dan kini masih diperiksa di Mapolres Aceh Timur.

“Dia kita duga mata-matanya kelompok Din,” ujar Budi.

Tak ada korban jiwa dalam baku tembak tersebut, kecuali dua mobil operasional Polres Aceh Timur terkena dua tembakan di bagian kaca depan dan pintu kanan. Satu mobil lagi terkena peluru bagian pintu depan sebelah kiri.

Aparat kepolisian hingga kini masih terus melakukan penyisiran di sekitar kampung pedalaman Aceh Timur, untuk mencari kelompok Din Minimi. “Kita buat penyisiran secara bergantian. Ini sebagian anggota masih di atas,” pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini