Ini Kronologis Serangan Teror Paris

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Sabtu 14 November 2015 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 14 18 1249387 ini-kronologis-serangan-teror-paris-6YELPWzxIZ.jpg Penembakan di Paris (Foto: Reuters)

PARIS – Serangkaian serangan teror di Paris pada Jumat 13 November malam waktu setempat mengejutkan dunia. Sekira 153 orang tewas akibat serangan ke beberapa lokasi tersebut.

Berikut kronologis serangan teror di Paris yang dihimpun Okezone melalui berbagai sumber (dalam WIB):

04.42, Ledakan dahsyat di dekat stadion dan penembakan brutal terjadi 

Saksi mata mendengar adanya ledakan di dekat Stadion Stade de France dan penembakan di dekat Gedung Konser Bataclan, Paris.

04.53, Polisi disebar di tempat kejadian perkara

Setelah ledakan dan penembakan terjadi, kepolisian Prancis menyebar di tempat kejadian perkara

04.56, Kedutaan AS memastikan keadaan warganya 

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry menyatakan pihak kedutaan Negeri Paman Sam memastikan keberadaan dan keselamatan warga negaranya sesaat setelah kejadian

05.09, Presiden Francois Hollande: Prancis dalam keadaan darurat

Sekira 12 orang tewas dalam serangan di Gedung Konser Batlacan. Presiden Francois Hollande menyatakan Prancis dalam keadaan darurat.

05.27, Bandara tetap beroperasi normal 

Kementerian Luar Negeri Prancis memastikan bandara tetap beroperasi normal melayani penerbangan dalam dan luar negeri.

05.48, Belgia memperketat perbatasan dengan Prancis

Perdana Menteri Belgia Charles Michel memerintahkan pengetatan penjagaan di perbatasan negaranya dengan Prancis. Penjagaan juga diperketat dengan pemeriksaan terhadap kendaraan, kereta api, dan pesawat yang berasal dari Negeri Mode itu.

06.13, Pelaku ditembak mati polisi

Pelaku penyerangan ke Gedung Konser Batlacan ditembak mati oleh polisi. Presiden Hollande menyatakan tindakan tegas akan dilakukan terhadap setiap aksi teroris.

06.14, Eurostar tetap operasikan kereta seperti biasa

Operator kereta Eurostar akan tetap mengoperasikan perjalanan kereta seperti biasa. Mereka menawarkan pengembalian uang tiket bagi penumpang yang tidak mau bepergian ke Paris.

06.17, Kandidat calon Presiden AS mengomentari serangan teror

Kandidat calon Presiden AS dari Partai Republik, Jeb Bush, menyerukan perang di Barat terhadap terorisme. Saingan Bush dari sesama Republik, Ben Carson, meminta pengungsi dari Suriah dicegah untuk memasuk AS.

06.21, Perdana Menteri Qatar memberikan komentar

Perdana Menteri Qatar menyatakan serangan tersebut merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Serangkaian serangan teror di Paris, Prancis tersebut menewaskan sekira 120 orang dan melukai ratusan lainnya. Seluruh pelaku serangan teror yang berjumlah delapan orang tewas. Enam di antaranya tewas akibat bom bunuh diri dan dua lainnya tewas ditembak pihak kepolisian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini