Share

Rusia Tolak Laporan Tim Penyelidik Mesir

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 14 Desember 2015 22:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 14 18 1267509 rusia-tolak-laporan-tim-penyelidik-mesir-v7eUzZQf3z.jpg Rusia menolak hasil penyelidikan tim investigasi Mesir mengenai penyebab jatuh pesawatnya. (Foto: Reuters)

MOSKOW โ€“ Pemerintah Rusia menolak laporan hasil penyelidikan tim investigasi Mesir yang menyatakan bahwa jatuhnya pesawat Airbus A321 milik maskapai Rusia di Sinai bukanlah perbuatan teroris. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa pihaknya meyakini tragedi yang menewaskan 224 orang penumpang pesawat tersebut merupakan sebuah aksi terorisme.

โ€œSaya hanya akan mengingatkan Anda bahwa laporan dari ahli yang berhubungan dengan badan-badan khusus kami menyimpulkan bahwa kejadian itu adalah aksi yang dilakukan teroris,โ€ kata Peskov seperti dilansir dari Sputnik, Senin (14/12/2015).

Sebelumnya, Tim penyelidik Mesir yang dikepalai oleh Kapten Ayman El Mokaddem melalui siaran persnya menyatakan bahwa sejauh ini tidak ada informasi yang menunjukkan adanya intervensi ilegal atau aksi terorisme dalam peristiwa jatuhnya pesawat Metrojet penerbangan 9268 di Sinai, pada 31 Oktober 2015 lalu.

Laporan ini bertolak belakang dengan hasil penyelidikan yang diungkapkan Kepala Badan Keamanan Federal Rusia, Alexander Bortnikov pada 17 November 2015 yang mengatakan jatuhnya pesawat diakibatkan ledakan bom berkekuatan 1,5 kilogram TNT.

โ€œKita dapat mengatakan bahwa jatuhnya pesawat itu karena perbuatan teroris,โ€ kata Bortnikov saat itu.

Pada 31 Oktober 2015, sebuah pesawat komersial Rusia milik Maskapai Metrojet Kogalymavia yang membawa 217 penumpang dan tujuh awak, tiba-tiba kehilangan kontak 23 menit setelah lepas landas dari Bandara Sharm el-Sheikh, Mesir, dalam penerbangan menuju St. Petersburg, Rusia.

Beberapa saat setelah hilangnya kontak tersebut, Pemerintah Mesir melalui Perdana Menteri (PM) Sharif Ismail mengabarkan bahwa pesawat dengan nomor penerbangan 7K9268 itu telah jatuh di wilayah Sinai Tengah, Mesir. Seluruh penumpang dan awak yang berada di dalam pesawat dinyatakan tewas akibat peristiwa tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini