Share

Rusia Identifikasi Kelompok Pengebom Pesawat Airbus di Mesir

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 24 Desember 2015 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 24 18 1274371 rusia-identifikasi-kelompok-pengebom-pesawat-airbus-di-mesir-v9KyWXatvH.jpg Helikopter Mesir terbang di atas puing-puing pesawat Airbus A321 Metrojet Kogalymavia di Sinai, Mesir. (Foto: Reuters)

MOSKOW – Kepala Badan Keamanan Federal Rusia, Alexander Bortnikov mengungkapkan bahwa pihaknya telah memiliki informasi mengenai kelompok yang berada di balik pengeboman pesawat penumpang Maskapai Metrojet Kogalymavia di Sinai, Mesir Oktober lalu.

Laporan yang dilansir Reuters, Kamis (24/12/2015) menyebutkan Rusia telah berhasil mengidentifikasi kelompok tersebut. Namun, Bortnikov tidak menyebutkan lebih detail informasi mengenai kelompok yang dia maksud.

Rusia dan Mesir memiliki pendapat berbeda mengenai hasil penyelidikan mereka atas peristiwa yang menewaskan 224 penumpang dan kru pesawat bertipe Airbus A321 itu.

Tim penyelidik Mesir yang dipimpin Kapten Ayman El Mokaddem melalui hasil penyelidikan yang diumumkan pada 14 Desember 2015 menyatakan tidak ada keterlibatan teroris dalam peristiwa jatuhnya pesawat yang bertolak dari Bandara Sharm el-Sheikh, Mesir menuju ke St. Petersburg, Rusia itu. Namun, laporan ini bertolak belakang dengan hasil penyelidikan Bortnikov dan timnya yang menyatakan kejadian tersebut adalah akibat bom yang diletakkan oleh teroris di dalam pesawat.

Jatuhnya pesawat Metrojet nomor penerbangan 9268 di Sinai, Mesir pada 31 Oktober 2015 merupakan musibah penerbangan terburuk dalam sejarah Rusia dan Uni Soviet. Dalam peristiwa itu, 217 penumpang yang sebagian besar merupakan warga Rusia tewas bersama dengan tujuh orang kru pesawat nahas tersebut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini