Share

Pesawat Rusia Jatuh, Pendapatan Pariwisata Mesir Turun Rp17,4 Triliun

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 01 Maret 2016 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 01 18 1324468 pesawat-rusia-jatuh-pendapatan-pariwisata-mesir-turun-rp17-4-triliun-XoluGImcd1.jpg Pesawat Rusia jatuh mengakibatkan sektor pariwisata Mesir kehilangan USD1,3 miliar (Foto: BBC)

KAIRO – Sektor pariwisata Mesir mengalami penurunan pendapatan hingga USD1,3 miliar (setara Rp17,4 triliun) sejak pesawat Metrojet Kogalymavia milik Rusia jatuh pada 30 Oktober 2015 di Pegunungan Sinai.

Fakta tersebut diungkap oleh Perdana Menteri Sherif Ismail dalam wawancara televisi pada Senin 29 Februari. Sebelumnya, pekan lalu Presiden Mesir Abdel Fattah el Sisi mengakui pesawat tersebut dijatuhkan oleh teroris meski selama ini dirinya menyangkal dugaan tersebut.

“Sejak pesawat itu jatuh, selama tiga-empat bulan terakhir, kami kehilangan pendapatan hingga USD1,3 miliar,” ujar Sherif, dilansir Reuters, Selasa (1/3/2016).

Otoritas Mesir mengakui jika jatuhnya pesawat tersebut pada akhirnya akan melukai sektor pariwisata yang merupakan salah satu andalan perekonomian mereka. El Sisi mengklaim para teroris ingin menghancurkan hubungan dengan Rusia dan sektor pariwisata Mesir dengan menjatuhkan pesawat tersebut.

Pesawat sedianya terbang dari Bandara Sharm el Sheikh, Mesir menuju Saint Petersburg, Rusia. Namun, 23 menit usai mengudara, pesawat meledak dan jatuh di wilayah Pegunungan Sinai. Seluruh penumpang beserta kru pesawat tewas dalam insiden tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini