Share

Penyidik Berhasil Identifikasi Pengebom Pesawat Rusia di Sinai

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 29 Januari 2016 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 29 18 1299909 penyidik-berhasil-identifikasi-pengebom-pesawat-rusia-di-sinai-xO2pbFhd9d.jpg Pihak penyidik diklaim sudah berhasil mengidentifikasi pengebom pesawat Metrojet Kogalymavia (Foto: Independent)

MOSKOW – Pihak penyidik berhasil mengidentifikasi seorang petugas bandara yang menaruh bom di dalam pesawat milik maskapai Metrojet Kogalymavia yang mengalami kecelakaan di Sinai, Mesir pada 31 Oktober 2015. Menurut media Rusia, pelaku terakhir kali terlihat di Turki.

Tabloid Life News yang memiliki hubungan dekat dengan Dinas Keamanan Rusia melaporkan petugas bagasi bandara Sharm el Sheikh menyelundupkan bahan peledak ke dalam pesawat dengan nomor penerbangan 9268 tujuan Saint Petersburg itu. Seperti diberitakan, pesawat meledak di udara 23 menit usai lepas landas dan menewaskan 224 orang di dalam burung besi tersebut.

Dilaporkan Telegraph, Jumat (29/1/2016), pekerja bandara yang namanya belum dipublikasikan itu merupakan satu dari enam orang yang diduga memiliki hubungan dengan aksi teror tersebut. Dinas Keamanan Rusia dan Mesir telah memasukkan nama keenam terduga pelaku tersebut dalam daftar pencarian orang (DPO).

Keenam orang tersebut kini sedang dalam pengejaran operasi gabungan pihak Rusia dan Mesir.

Life News mengklaim terduga pelaku mulai bekerja di bandara tersebut beberapa waktu sebelum melancarkan aksinya. Dia diduga sengaja meminta pekerjaan sebagai petugas kontrol bagasi. Dia juga dilaporkan langsung meninggalkan bandara usai menaruh bom dan meninggalkan Mesir tidak lama kemudian. Dia diyakini terlihat terakhir kali di Turki.

Kelompok pemberontak yang berada di Sinai serta berafiliasi dengan ISIS diduga sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap aksi pengeboman itu. Munculnya klaim dari ISIS beserta foto bom yang digunakan, menguatkan dugaan tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini