Share

Lebanon-Israel Saling Berbalas Roket

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 21 Desember 2015 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 21 18 1271775 lebanon-israel-saling-berbalas-roket-8DXxKQH3dm.jpg Ilustrasi roket (Foto: Reuters)

YERUSALEM – Tiga buah roket ditembakkan dari Tyre, Lebanon Selatan dan mendarat di Israel Utara. Tentara Israel membalas serangan roket tersebut dengan meluncurkan tembakan artileri. Beruntung tidak ada yang terluka dalam serangan tersebut.

Sebagaimana dilaporkan ABC News, Senin (21/12/2015), sirene berbunyi di Israel Utara di lokasi mendaratnya roket-roket Lebanon tersebut. Tentara Israel menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab penyelidikan penembakan roket tersebut kepada tentara Lebanon.

Seorang tentara Lebanon mengonfirmasi serangan roket tersebut. Dia mengatakan roket ditembakkan dari wilayah pelabuhan, Tyre, Lebanon Selatan. Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Namun, diduga roket-roket tersebut merupakan balasan dari militan Hezbollah atas tewasnya komandan mereka Samir Kantar di Suriah akibat serangan udara. Hezbollah mengklaim Samir Kantar tewas akibat serangan udara yang dilancarkan oleh Israel. Mereka mengaku akan menuntut balas atas kematian komandan mereka.

Samir Kantar diketahui melakukan berbagai serangan di Israel. Dia menghabiskan 30 tahun hidupnya dalam penjara setelah terbukti bersalah membunuh seorang polisi dan dua warga Israel pada 1979. Kantar dibebaskan dan dikembalikan ke Lebanon lewat pertukaran tahanan.

(Wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini