Bunda Teresa Dinobatkan Jadi Santa pada September

Silviana Dharma, Okezone · Selasa 15 Maret 2016 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 15 18 1336767 bunda-teresa-dinobatkan-jadi-santa-pada-september-pkpD0lXbwX.jpg Bunda Teresa. (Foto: Wikimedia)

VATIKAN – Bunda Teresa dipastikan akan dinobatkan sebagai santa (sebutan orang suci dalam kepercayaan Katolik) pada 4 September 2016, yang merupakan hari peringatan kematiannya yang ke-19.

Tanggal kanonisasi biarawati pemenang nobel perdamaian 1979 tersebut akhirnya ditetapkan setelah Paus Fransiskus I menemukan mukjizat kedua yang memancar bahkan setelah kematiannya.

“Dia mendengar tentang kontribusi Bunda Teresa selama ini. Ia sering kali campur tangan dengan kekuatan besar, dan tidak membiarkan dirinya terintimidasi oleh majelis uskup dengan cara apapun,” kata juru bicara Vatikan Federico Lombardi, sebagaimana dikutip dari Premier Christian Radio, Selasa (15/3/2016).

Untuk bisa dinobatkan sebagai santa atau santo, tokoh agama Katolik perlu menjalani proses kanonisasi yang cukup panjang. Selain waktu pelayanan dan kontribusinya, ia juga dilarang disembah oleh pengagum manapun saat hidup maupun sudah meninggal.

Sebagai syarat terakhir, orang saleh yang layak disebut santa atau santo adalah mereka yang dapat melakukan minimal dua mukjizat setelah meninggal.

Vatikan mengakui mukjizat pertama yang dipancarkan Bunda Teresa terjadi pada 2002, ketika namanya dapat menyembuhkan seorang perempuan anggota suku Bengali di Bangladesh yang menderita tumor abdominal.

Biarawati bernama lengkap Agnes Gonxhe Bojaxhiu itu pun menerima beatifikasi dari Paus Yohannes Paulus II pada 2003, yang menjadi langkah pertama baginya dinobatkan sebagai santa.

Mukjizat kedua baru saja dibeatifikasi oleh Paus Fransiskus I pada Desember 2015, yang mengakui bahwa kesembuhan seorang pria Brazil dari tumor otak yang dideritanya diperoleh setelah berdoa kepada Bunda Teresa.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini