Share

1.150 Pasukan Siap Bantu Pemadaman Kabakaran Hutan di Riau

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Rabu 16 Maret 2016 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 16 340 1337474 1-150-pasukan-siap-bantu-pemadaman-kabakaran-hutan-di-riau-hemZf6j4Ra.jpg Ilustrasi (foto: Antara)

PEKANBARU - Sebanyak 1.150 pasukan darat disiapkan membantu memadamkan kebakaran hutan di sejumlah wilayah di Riau. Jumlah ini di luar dari ribuan personel di kesatuan wilayah seperti Kodim dan polres masing-masing.

Komandan Satuan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Riau wilayah darat, Brigjen TNI Nurendi menegaskan, pasukan ini sudah siap untuk dikirim ke wilayah jika diperlukan.

Penyiapakan seribuan pasukan ini ditandai dengan apel persiapan penanggulangan kebakaran yang digelar hari ini yang Kompleks Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Kekuatan pasukan pemadaman ini belum termasuk personel di tingkat Kodim untuk kesatuan TNI dan polres untuk kesatuan polisi," kata Nurendi yang juga menjabat Komandan Korem 031 Wira Bima Pekanbaru, Rabu (16/3/2016).

Dia merinci, pasukan pemadam kebakaran hutan dan lahan itu berasal dari berbagai kesatuan. Kalau di TNI AD yakni dari kesatuan Arhanud, seperti kompi Batrai P, Batrai Q dan Bartrai R.

Ada juga dari kesatuan infrantri 132 Salo di Kabupaten Kampar, pasukan kaveleri dan lainnya. Sementara dari TNI AU disiapkan pasukan dari Paskhas (Pasukan Khas) Pulang Geni.

"Selain dari TNI Polri, disiagakan juga dari Manggala Agni dan BPBD. Kita rasa pasukan ini sudah cukup untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," tukasnya.

Sementara untuk penagakan hukum untuk pembakar lahan dan hutan, diserahkan kepada pihak kepolisian yang dikomandoi, Kapolda Riau Brigjen Dolly Bambang Hermawan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini