Share

Jaringan Terganggu, Ribuan Warga Jepang Terjebak di Bandara

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 22 Maret 2016 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 22 18 1342724 jaringan-terganggu-ribuan-warga-jepang-terjebak-di-bandara-GXJxL9LYvc.jpg Ribuan warga Jepang terjebak di bandara akibat jaringan terganggu (Foto: Japan Times)

TOKYO – Sejumlah bandara besar Jepang dijejali ribuan penumpang yang tidak dapat melakukan penerbangan domestik karena terjadi masalah dengan sistem jaringan komputer maskapai penerbangan.

Penundaan penerbangan dimulai ketika maskapai terkemuka All Nippon Airways (ANA) menuliskan pemberitahuan di situs resminya bahwa mereka meminta maaf telah terjadi sejumlah penundaan dan pembatalan penerbangan karena malafungsi sistem.

Seperti diwartakan ABC News, Selasa (22/3/2016), ANA mengatakan layanan check in lewat internet, pemilihan kursi, reservasi penerbangan, perubahan jadwal terbang, dan pembayaran tidak tersedia untuk penerbangan domestik. ANA meminta pelanggannya bersabar selama masalah itu diperbaiki.

Problem terparah terjadi di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, yang merupakan basis bagi ANA. Puluhan penerbangan tertulis dalam situs resmi bandara dalam status tertunda atau dibatalkan. Selain ANA, empat maskapai kecil yakni Starflyer, Airdo, Solaseed Air, dan Ibex Airlines juga terkendala masalah yang sama.

Selasa ini diketahui sebagai hari terakhir dari pekan libur panjang bagi masyarakat Jepang sehingga bandara terutama untuk penerbangan domestik dipadati penumpang. Tayangan televisi menunjukkan sejumlah bandara dipenuhi penumpang yang frustrasi akibat gangguan.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini