Image

Hokkaido Minta Turis China Tidak Kentut Sembarangan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 29 April 2016 16:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 29 18 1375920 hokkaido-minta-turis-china-tidak-kentut-sembarangan-PPqe6TPNDI.jpg Turis China di Hokkaido, Jepang diminta tidak kentut sembarangan (Foto: Flickr)

HOKKAIDO – Pemerintah Prefektur Hokkaido, Jepang, meminta dengan hormat kepada turis asal China untuk menjaga perilakunya di depan umum. Turis asal Negeri Tirai Bambu diminta tidak kentut dan bersendawa secara sembarangan.

Permintaan itu disampaikan Dinas Pariwisata Hokkaido dalam revisi buku panduannya. Buku panduan lama berjudul ‘Hokkaido Ryoko Joshiki’ berisi imbauan bagi turis secara umum untuk berperilaku di beberapa tempat. Namun, permintaan dalam buku revisi itu murni ditujukan bagi turis China.

Ide merivisi buku tersebut datang setelah sejumlah hotel mengeluhkan perilaku turis asal China sepanjang 2015. Mereka dinilai berisik ketika makan dan meninggalkan kamar dalam keadaan berantakan. Hokkaido merupakan salah satu tujuan utama turis China dengan jumlah kunjungan lebih dari 218.600 orang sepanjang April-September 2015.

Seperti diwartakan Asian Correspondent, Jumat (29/4/2016), buku baru berjudul ‘Hokkaido Kokoroe’ itu dirilis pada Maret lalu. Meski turis China memprotes buku panduan lama, Hokkaido tetap memasukkan detail perilaku buruk yang dianggap merendahkan mereka.

Buku tersebut telah didistribusikan ke sejumlah penginapan, hotel, dan tempat-tempat yang dipenuhi turis lainnya di seantero Hokkaido. Sejauh ini sedikitnya 85 ribu eksemplar buku panduan tersebut telah dicetak dan disebarkan.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini