Share

Kolombia & FARC Selangkah Lagi Akhiri Konflik Setengah Abad

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 06 Agustus 2016 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 06 18 1456579 kolombia-farc-selangkah-lagi-akhiri-konflik-setengah-abad-UepJSJpGBI.jpg Pemberontak FARC Kolombia. (Foto: Reuters)

BOGOTA – Pemerintah Kolombia dan pemberontak sayap kiri FARC selangkah lebih dekat untuk menyelesaikan konflik yang telah berlangsung selama sekira 50 tahun. Pada Jumat 5 Agustus, kedua belah pihak telah menyepakati protokol keamanan PBB, jangka waktu, dan detail lainnya untuk pelucutan senjata sekira 9.000 gerilyawan.

Sebelumnya, Tentara Revolusioner Kolombia (FARC) dan Pemerintah Kolombia pimpinan Presiden Juan Manuel Santos telah menandatangani perjanjian bersejarah pada Juni lalu. Mereka telah mencapai kesepakatan mengenai isu-isu utama, pelaksanaan gencatan senjata dan parameter pelucutan senjata pemberontak serta pengembalian mereka ke masyarakat.

Setelah bernegosiasi selama sekira tiga tahun, kedua belah pihak tinggal selangkah lagi untuk mencapai kesepakatan puncak yang diputuskan melalui suara referendum. Jika kesepakatan ini diratifikasi, maka perjanjian itu akan mengakhiri salah satu konflik dan gerakan gerilya terpanjang di belahan bumi barat.

β€œSaat kami selesai dengan poin-poin dalam agenda, saat semuanya disepakati, saat itulah kami akan mengirim naskah-naskah ke Kongres dan mengadakan plebisit,” kata Presiden Juan Manuel Santos sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu, (6/8/2016). Plebisit adalah pemungutan suara yang dilakukan oleh seluruh populasi dari suatu negara untuk memutuskan kebijakan tertentu.

Demi mewujudkan hal itu, Santos harus bisa meyakinkan rakyatnya yang masih merasa skeptis dengan janji pemberontak FARC untuk kembali bergabung ke dalam masyarakat. Presiden kelahiran Bogota itu juga harus dapat meyakinkan para pendukung mantan presiden Alvaro Uribe yang menentang pengampunan bagi para pemberontak atas kejahatan perang yang mereka lakukan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini