Share

Warga Lereng Gunung Lawu Dikejutkan Suara Pesawat Tempur F-16

Bramantyo, Okezone · Selasa 30 Agustus 2016 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 512 1477032 warga-lereng-gunung-lawu-dikejutkan-suara-pesawat-tempur-f-16-hsE4lqvI1Q.jpg Ilustrasi (Okezone)

KARANGANYAR - Pasca jatuhnya pesawat latih jenis Cessna 172 milik Angkasa Aviation Academy dengan nomor PK-WTK yang jatuh di Desa Banjarwangunan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, warga Karanganyar dan sekitarnya dikejutkan dengan suara bunyi dentuman yang cukup keras

Suara dentuman keras itu tak hanya terdengar di wilayah Kabupaten Karanganyar saja. Suara yang mengegerkan warga ini, informasinya juga terdengar sampai Solo hingga Klaten. Bahkan, sampai ke wilayah Magetan, Jawa Timur.

Menghindari isu berkepanjangan jajaran Polres Karanganyar langsung menanyakan kepada pihak TNI AU, Kadisops Lanud Adisumarmo Solo, Letkol Penerbang Tarigan.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan, suara keras yang didengar warga di Karanganyar usai melakukan komunikasi dengan pihak TNI AU tidak lah benar.

"Langsung kita koordinasikan denganTNI AU pesawat jatuh di wilayah Karanganyar," kata Ade kepada Okezone, Selasa (30/8/2016).

Selanjutnya pihak Lanud Adi Sumarmo pun langsung menanyakan informasi dentuman suara ini kepada pihak Lanud Iswahyudi, Madiun dan dipastikan kabar itu tidak benar.

Sesuai NOTAM dari pihak Lanud Iswahyudi yang diterima Lanud Adi Sumarmo dan diteruskan pada pihak Polri didapatkan bila di wilayah selatan Madiun sedang dilaksanakan engangement 10 pesawat tempur.

Suara seperti dentuman yang terdengar hampir di wilayah Karanganyar ini, disebabkan sonic boom yang disebabkan beberapa pesawat masuk mach number (kecepatan melebihi kecepatan suara).

"Kemungkinan suara keras itu adalah sonic boom yaitu suara dentuman keras yang dikeluarkan oleh pesawat super sonic F-16," ujar Ade.

Menurut Ade, kabarnya pesawat-pesawat super sonic F-16 sedang melakukan exercise terbang rendah di lereng Lawu. Suara sonic boom akan keluar jika kecepatan pesawat melampaui kecepatan suara.

"Sekali lagi kita pastikan bila kabar adannya pesawat jatuh di wilayah Karanganyar, tepatnya di pergunungan di daerah Matesih itu tidaklah benar terjadi," pungkasnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini