Image

Kisah Sri Naik Haji, Bak Sinetron Berjudul 'Paspor yang Tertukar'

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Minggu 04 September 2016, 06:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 04 337 1480812 kisah-sri-naik-haji-bak-sinetron-berjudul-paspor-yang-tertukar-LSgjHJqVnR.jpg Sri Astuti (Foto: Saifulloh/Okezone)

MAKKAH – Perjalanan Sri Astuti (60) ke tanah suci ibarat cerita dalam sinetron. Betapa tidak, jamaah haji asal Malang, Jawa Timur tersebut harus bolak balik Indonesia-Arab Saudi dua kali hanya akibat paspor yang tertukar.

Alhasil, perempuan berparas syahdu itu pun harus menempuh perjalanan nyaris selama 30 jam menggunakan pesawat, dari Surabaya ke Jeddah, lanjut Jeddah-Jakarta lalu Surabaya. Kemudian disambung kembali Surabaya-Jeddah, Arab Saudi. Namun, semua pengorbanan itu terbayar tuntas setelah berhasil sampai kembali ke tanah suci dan dapat bertemu sang suami.

"Lega bisa ketemu bapak lagi. Alhamdulillah bisa sampai di sini. Saya ucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada semua pihak yang telah membantu," kata Sri di samping suaminya, Tugiman di depan kamar hotelnya di pemondokan 803, Jarwal, Makkah Sabtu (3/9/2016) malam.

Bulir air mata pun tak terasa jatuh dari pipi Sri saat disambangi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil di pemondokannya. Rasa haru dan bahagia tampak bercampur aduk dalam diri Sri. Berkali-kali kerudungnya dibuat mengusap air matanya yang terus bercucuran.

“Ibu ini satu-satunya jamaah haji yang naik pesawat sampai bolak-balik empat kali ke tanah suci, sebelumnya belum pernah naik pesawat kan?” kelakar Abdul Djamil menghibur Sri. “Semoga nanti hajinya mabrur dan balasannya tiada lain kecuali surga.”

Kisah Sri bermula saat dia dan suaminya berangkat bersama rombongan jamaah haji lain dari embarkasi Surabaya menuju tanah suci pada 30 Agustus 2016. Namun saat pemeriksaan di Imigrasi Bandara King Abdul Aziz Jeddah, dia mendapat masalah. Wajahnya tak sama dengan foto di paspor.

Begitu pun data-data lainnya. Yang sama hanya nama Sri Astuti. Petugas Imigrasi Arab Saudi kemudian sempat memeriksanya berjam-jam di bandara dengan didampingi staf KJRI Jeddah, sampai akhirnya diputuskan dia harus dipulangkan kembali ke Indonesia.

Sri kemudian terpaksa naik pesawat lagi ke Indonesia. Hanya saja, kali ini tujuannya ke Jakarta. Dibantu beberapa pihak, akhirnya Sri pulang ke Surabaya dari Jakarta. “Saya dituduh mencuri (paspor orang lain), saya jawab tidak, sejak kecil nama saya Sri Astuti, waktu menikah di KUA juga ditulis Sri Astuti, waktu mendaftar haji juga ditulis Sri Astuti, begitu dapat paspor langsung saya masukkan ke tas kecil, saya tidak tahu kok bisa sampai begini,” tuturnya dalam Bahasa Jawa halus.

“Perasaan saya dalam hati disuruh naik pesawat lagi (oleh petugas Arab Saudi) karena saya tidak paham Bahasa Arab, saya hanya menafsirkan isyarat tangannya. Saya cuma diam saja waktu disuruh masuk pesawat sampai pramugari mengajak naik pesawat karena akan segera terbang,” imbuhnya.

Di dalam pesawat menuju tanah air, hati Sri hancur berkeping-keping, cita-citanya berangkat ke tanah suci terancam kandas. Padahal, dia sudah menunggu selama tujuh tahun lamanya untuk bisa menunaikan rukun Islam kelima. Ditambah lagi, harus berpisah dengan sang suami yang sudah berada di tanah suci. “Tapi Alhamdulillah saya ditemukan dengan orang-orang baik seperti Ibu Sri (Ilham Lubis Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri), saya tak bawa sabun dan handuk dikasih, makan diberi, dan dibantu semuanya.”

Perasaan sedih tak hanya dialami Sri. Tugiman, sang suami, nyaris tidak percaya dengan apa yang dialami pendamping hidupnya. Meski raganya sudah di tanah suci, namun jiwanya masih bersama sang istri yang lontang lantung selama beberapa hari. “Ya memikirkan nasib istri, sampai tidak enak makan dan tidur. Tapi Alhamdulillah sudah bisa berkumpul kembali,” ujarnya yang berusaha tampil tegar di hadapan awak media.

Panitia Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tak tinggal diam melihat kasus ini. Sejak Sri tertahan di bandara, pendampingan terus diberikan. Namun keputusan pemulangan sudah tak bisa dielakkan. Oleh pihak Arab Saudi, Sri dianggap melakukan pelanggaran dokumen keimigrasian.

Akhirnya, keputusan cepat perlu dibuat. Tim dari PPIH Arab Saudi menelusuri permasalahan yang dialami Sri. Ternyata, paspornya tertukar dengan calon jamaah haji yang belum berangkat, namun namanya sama. Belum jelas, siapa yang salah sehingga membuat paspor Sri tertukar dengan jamaah yang belum berangkat tersebut.

Singkat cerita, Sri akhirnya bisa mendapatkan paspor baru resmi atas namanya. Pengurusan visa pun dikebut. Tujuannya hanya satu, segera membawa Sri kembali ke Tanah Suci agar bisa berkumpul bersama suami dan rombongannya. Akhirnya, pada Jumat 2 September pagi waktu Indonesia, Sri kembali terbang ke Jeddah bersama kloter 59 dari Surabaya.

Jika ditotal, Sri naik pesawat 4 kali dari Surabaya-Jeddah, Jeddah-Jakarta, Jakarta-Surabaya, dan akhirnya Surabaya-Jeddah lagi. Total waktu yang ditempuhnya naik pesawat hampir 30 jam.

Setibanya di Jeddah, Sri langsung dibawa ke Makkah. Akhirnya, wanita yang belum pernah naik pesawat sebelumnya itu, bisa kembali berkumpul bersama suaminya, Tugiman.

Abdul Djamil mengucapkan selamat atas berkumpulnya kembali Sri dan suami. Terkait kasus yang menimpa Sri, sejak awal Abdul Djamil sudah memerintahkan agar fokus utamanya adalah mengembalikan Sri ke Tanah Suci secepatnya. Karena itu, begitu mendengar urusan administrasi di Indonesia sudah selesai, Abdul Djamil meminta penerbangan tercepat bagi Sri ke Jeddah.

"Saya perintahkan agar bu Sri berangkat pagi itu juga hari Jumat supaya cepat bisa berkumpul bersama suami dan rombongannya," kata Abdul Djamil.

Kasus ini akan dijadikan pelajaran penting bagi jajaran Ditjen Haji agar ke depannya tidak berulang. Proses pemeriksaan dokumen di Tanah Air harus lebih detail. Terkait siapa pihak yang salah, dia akan menelusurinya secara internal. Termasuk bagaimana paspor Sri bisa lolos ke luar dari Indonesia.

"Para pihak akan dilakukan pemeriksaan. Hal-hal yang berkaitan dengan keteledoran ini akan semua diperiksa. Irjen juga sudah turun tangan," pungkasnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini