Aktivis Demokrasi Hong Kong Ditangkap Thailand Atas Permintaan China

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 05 Oktober 2016 06:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 05 18 1506418 aktivis-demokrasi-hong-kong-ditangkap-thailand-atas-permintaan-china-mo3ZuVpgP9.jpg Aktivis demokrasi Hong Kong, Joshua Wong, ditangkap di Thailand atas permintaan China (Foto: Justin Tallis/AFP)

BANGKOK – Aktivis demokrasi Hong Kong, Joshua Wong, ditangkap di Thailand. Pria berkacamata itu dikabarkan ditangkap di Negeri Gajah Putih atas perintah dari China. Pria berusia 19 tahun itu tengah berada di Thailand untuk memenuhi undangan dari Chulalongkorn University.

Partai yang didirikan Joshua Wong, Demosisto, mengumumkan penangkapannya lewat Facebook. Kabar penangkapan diperoleh dari aktivis Thailand Netiwit Chotipatpaisal yang sedianya menjemput Wong di Bandara Suwarnabhumi. Joshua Wong kini masih ditahan di bandara.

“Menurut Chotipatpaisal, otoritas Thailand telah menerima surat dari pemerintah China mengenai kunjungan Joshua Wong. Permintaan Chotipatpaisal untuk menemui Wong di dalam tahanan ditolak otoritas,” tulis Demosisto dalam unggahan Facebook, seperti dimuat The Guardian, Rabu (5/10/2016).

“Demosisto mengecam pemerintah Thailand karena membatasi kebebasan dan hak masuk Wong tanpa alasan jelas. Kami meminta Wong segera dibebaskan. Kami juga meminta Departemen Imigrasi Hong Kong membantu memastikan keamanan Wong,” tutup unggahan tersebut.

Joshua Wong diundang untuk berbicara mengenai perjuangannya memimpin protes selama 74 hari di Hong Kong pada 2014. Joshua Wong sedianya berbagi pengalaman di Chulalongkorn University sebagai bagian dari peringatan 40 tahun pembantaian pelajar Thailand pada 1976.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini