nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dukungan Swing States Tentukan Kemenangan Trump-Hillary

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2016 17:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 27 18 1526177 dukungan-swing-states-tentukan-kemenangan-trump-hillary-dA2HZ5fIwG.jpg Capres AS dari Partai Republik Donald Trump dan Capres AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Hanya tinggal hitungan minggu, warga Negeri Paman Sam memberikan suara mereka dalam pemilihan presiden Amerika Serikat. Kedua kandidat, Hillary Clinton dan Donald Trump, terus berupaya meraih simpati warga untuk memenangi pemilihan 8 November 2016.

Keduanya dalam beberapa hari terakhir gencar meraih simpati dari massa mengambang menjelang pilpres AS. Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Brian McFeeters menyebut, ada sejumlah negara bagian yang masuk dalam kategori swing states.

"Setidaknya ada tujuh-delapan swing states, lima di antaranya Ohio, Pennsylvania, Florida, Colorado, dan Virginia. Jika berhasil meraih electoral votes di swing states tersebut, kemungkinan besar memenangi Pilpres AS," ujar McFeeters kepada awak media di @america, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2016).

Electoral votes bermakna setiap negara bagian memiliki perwakilan dalam parlemen dan senat AS dengan jumlah berbeda-beda ditambah perwakilan dari Gedung Putih yang berjumlah tiga orang. Setiap kandidat setidaknya harus meraih 270 suara dalam electoral votes untuk memenangi Pilpres AS di luar suara milik warga.

Sejumlah negara bagian AS diketahui berwarna merah (Republik) atau biru (Demokrat). Negara-negara bagian tersebut sudah pasti akan mengerucutkan suara bagi Donald Trump atay Hillary Clinton dalam pilpres AS. Proporsi dari swing states yang cukup besar tersebut mau tidak mau membuat kedua kandidat berupaya meraih simpati.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini