nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menangi Pilpres AS, Trump Banjir Ucapan Selamat dari Negara Mayoritas Muslim

Silviana Dharma, Jurnalis · Kamis 10 November 2016 15:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 11 10 18 1538042 menangi-pilpres-as-trump-banjir-selamat-dari-negara-mayoritas-muslim-A8zU88BTgf.jpg Trump-Pence menangkan Pilpres AS. (Foto: Gage Skidmore)

PESTA demokrasi Amerika Serikat sudah berakhir. Capres Republik Donald Trump keluar sebagai juaranya, setelah berhasil mengantongi 290 suara electoral college dari 270 yang dibutuhkan. Gegap gempita dirasakan tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga mengalir sampai ke negara lain, termasuk negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim di dunia.

1. Indonesia

Salah satu negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, sekira 88 persen dari sekira 200 juta orang, yang mengucapkan selamat atas kemenangan Trump adalah Indonesia. Dalam konferensi pers di istana, Presiden Joko Widodo meyakini hasil pilpres AS sebagai cerminan dari kehendak rakyat AS. Ia percaya, bersama Trump, kedua negara akan tetap melanjutkan kerjasama yang baik, menjaga perdamaian dan kesejahteraan dunia.

2. Pakistan

Penduduk Muslim di Pakistan diketahui berjumlah lebih dari 178 juta orang. Menanggapi terpilihnya Trump, mantan presiden Pakistan Pervez Musharraf mengucapkan selamat atas kemenangan yang disebutnya bersejarah.

“Saya berharap dia akan fokus membawa perdamaian dan stabilitas di seluruh dunia dan menunjukkan kepemimpinan yang mampu secara langsung menyelesaikan konflik di kawasan Indo-Pakistan. Kita juga harus percaya dan bekerja sama dengan Trump untuk memberantas terorisme dan menghapuskan ekstremisme,” ucapnya, seperti dilansir dari The Guardian, Kamis (10/11/2016).

3. Bangladesh

Selain itu, ucapan selamat juga datang dari Bangladesh, negara di Asia Selatan yang dihuni lebih dari 145 juta pemeluk agama Islam. Sambutan baik itu disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina.

Dia memuji Trump memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa dalam melayani AS dan kemanusiaan global. Hasina bahkan mengundang miliarder New York itu dan istrinya, Melania Trump untuk berkunjung ke Bangladesh

“Mewakili pemerintah dan seluruh rakyat Bangladesh, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden ke-45 AS. Kemenangan Anda sudah pasti merupakan bukti dari kepemimpinan Anda yang luar biasa dan kualitas Anda dalam melayani warga AS dan kemanusiaan secara global,” ujar Hasina.

4. Mesir

Presiden Mesir Fatah al Sisi pernah bertemu dengan kedua capres saat menghadiri Sidang Umum PBB di New York. Dari temu muka itu, Sisi secara jelas mensinyalkan kesukaannya kepada capres Republik. Betapa senangnya dia ketika kandidat yang dijagokannya benar-benar menang pilpres.

“Kami mengharapkan kerjasama dan koordinasi yang lebih baik antara kedua negara ke depannya. Khususnya untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah,” demikian ia menyampaikan langsung ucapan selamatnya melalui telefon dengan Trump.

5. Arab Saudi

Arab Saudi dikenal sebagai salah satu sekutu terdekat AS juga tak ketinggalan bersulang atas kesuksesan pesta demokrasi di Negeri Paman Sam. Raja Salman berharap Trump adalah sosok pemimpin negeri adidaya yang dapat membawa stabilitas di kawasannya dan di dunia.

6. Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendeskripsikan kemenangan Trump sebagai era baru kepemimpinan di Amerika Serikat. “Saya berharap bahwa keputusan rakyat AS akan memfasilitasi langkah berani yang diambil mengenai hak-hak dasar, kebebasan, demokrasi di dunia dan perkembangan regional,” cetusnya.

7. Malaysia

Negeri jiran Malaysia yang 61, 3 persen penduduknya beragama Islam juga mengucapkan selamat kepada ayah Ivanka Trump. Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak bahkan menghaturkan sejumlah pujian kepada sosok pengganti Presiden Barack Obama tersebut.

“Keberhasilan Trump menunjukkan bahwa politisi tidak pernah harus menyenangkan para pemilihnya. Jajak pendapat, dan tokoh-tokoh politik yang mapan, semua meremehkan kekuatan para pendukungnya. Daya tarik Trump di mata para warga AS yang merasa ditinggalkan membuatnya memenangkan tiket menuju Gedung Putih,” pujinya.

8. Sudan Selatan

Pernyataan kuat juga datang dari negara Islam di Afrika. Menteri Informatika Sudan Selatan, Michael Makuei mengaku sangat senang dengan hasil pilpres AS yang tidak memenangkan Hillary Clinton.

“Saya sangat ragu Presiden Obama memiliki kebijakan politik luar negeri yang jelas bagi Sudan Selatan, selain untuk menghancurkannya. Jadi kami tentu berharap banyak dapat menjalin hubungan baik dengan Trump dan AS setelah pilpres,” tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini