Penembak Dubes Rusia untuk Turki Menyamar sebagai Polisi

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 20 Desember 2016 00:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 20 18 1570793 penembak-dubes-rusia-untuk-turki-menyamar-sebagai-polisi-nkAUBiR8lJ.jpg Pelaku penembakan terhadap Dubes Rusia untuk Turki (Foto: Russia Today)

ANKARA – Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Turki Andrey Karlov ditembak oleh seorang pria saat sedang berpidato di pameran seni fotografi di Ankara. Pameran tersebut diadakan Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di Pusat Kesenian Kontemporer di Cankaya, Ankara, untuk menunjukkan kedekatan antara kedua negara.

Sejumlah foto yang beredar di media sosial, terutama Twitter, menunjukkan pelaku tengah mengacungkan senjata ke udara. Pelaku yang belum diketahui identitasnya itu menyamar sebagai polisi saat hendak masuk ke dalam gedung. Meski menggunakan setelan jas, pelaku menunjukkan kartu identitas kepolisian.

“Kami mendapat informasi dari saksi mata, pelaku memperkenalkan dirinya sebagai petugas polisi, yang dibuktikan dengan kartu identitas di pintu masuk. Informasi ini sedang kami dalami,” ujar sumber dari militer Turki, seperti dimuat Russia Today, Selasa (20/12/2016).

Menurut koresponden Hurriyet, Hasim Kilic, pelaku sempat melakukan tembakan ke udara sebelum mengarahkan senjatanya ke Karlov. Pelaku juga berbicara sesuatu dalam bahasa Rusia dan menghancurkan sejumlah foto yang digantung di pameran tersebut. Pria itu sempat menyebut aksinya dilakukan sebagai bentuk protes terhadap aksi Rusia di Aleppo, Suriah.

Pelaku dikabarkan ditembak mati oleh pasukan keamanan Turki yang diterjunkan ke lokasi. Dubes Rusia untuk Turki Andrey Karlov sendiri sudah dilarikan ke rumah sakit setelah sempat mendapat perawatan di lokasi kejadian. Insiden penembakan tersebut juga melukai tiga orang lainnya. Para korban sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat. 

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini