Share

Dalai Lama Harapkan Kerjasama Putin dan Trump

Silviana Dharma, Okezone · Senin 23 Januari 2017 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 22 18 1598101 dalai-lama-harapkan-kerjasama-putin-dan-trump-pnaQjDgxgh.jpg Dalai Lama harapkan kerjasama Putin dan Trump bisa wujudkan perdamaian dunia. (Foto: Russia Today/AFP)

NEW DELHI - Dalai Lama berharap Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bisa bekerja sama untuk mewujudkan perdamaian dunia. Pandangan ini berbeda dengan banyak pihak yang selama ini justru tidak menginginkan keduanya berada dalam satu kubu.

Berdasarkan lansiran CBS News, Senin (23/1/2017), pemuka agama Buddha asal Tibet tersebut menjelaskan, dunia butuh pemimpin yang tulus. Dunia selayaknya terus bergerak ke arah perdamaian dan tanpa kekerasan. Untuk itu, dia berharap Putin dan Trump bisa mendekat dan bekerja sama untuk menciptakan perdamaian global yang diidam-idamkan seluruh umat.

Ini merupakan yang kesekian kalinya, guru spiritual yang diasingkan China itu memberikan pernyataan positif atas naiknya Trump ke tampuk kekuasaan. Sebelumnya pada November 2016 di Mongolia, dia juga meyakinkan tidak khawatir dengan terpilihnya Trump sebagai jawara pilpres AS. Bahkan, dia berharap bisa bertemu dengan miliarder itu sesegera mungkin usai pelantikannya.

Dalai Lama sendiri sudah empat kali bertemu muka dengan mantan Presiden AS Barack Obama. Semua pertemuan yang selalu mengundang kemarahan Beijing. Sebab ke mana pun dia pergi, China yakin bahwa tujuannya adalah mencari dukungan untuk melakukan perlawanan separatis, memisahkan Tibet dari Negeri Panda.

Dalai Lama selalu membantah tuduhan tersebut. Meski dia mengakui memang menginginkan otonomi yang lebih tinggi bagi Tibet di bawah pemerintahan China. Apa pun itu, dia sampai sekarang masih hidup dalam pengasingan di Dharmsala, India.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini