nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akibat Ketua KPPS Nyoblos Hingga 3 Kali, Pemungutan Suara Diulang

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017 19:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 16 340 1620431 akibat-ketua-kpps-nyoblos-hingga-3-kali-pemungutan-suara-diulang-0xJOdmNzAL.jpg Ilustrasi TPS (Foto: Okezone)

KAMPAR – Dengan dalih mewakili keluarga yang sedang berangkat menunaikan ibadah umrah, Ketua KPPS TPS 03 di Kampar terancam dikenakan pidana kurungan minimal 3 bulan penjara. Tak hanya itu, akibat perbuatannya TPS tersebut juga terpaksa mengadakan pemungutan suara ulang.

Saat ini tim Gakkumdu (Penegakkan Hukum Terpadu) terus memproses Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 03 yang melakukan pencoblosan berkali-kali. Pengakuan pria bernama Indra Sabri itu, ia melakukan hal tersebut lantaran mewakili keluarga.

"Pengakuan dia ke Gakkumdu, dia mencoblos tiga kali untuk istri dan anaknya," ujar Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi, Kamis pagi tadi (16/2/2017).

(Baca: Berdalih Mewakili Keluarga, Ketua KPPS Nyoblos Berkali-Kali)

Pelaku mengaku, saat Pilkada serentak istri dan anaknya sedang berangkat umrah. Namun, Indra mengaku melakukan itu bukan karena suruan salah satu Paslon.

"Pengakuannya karena keluarganya umrah, dia mengaku tidak tau. Tapi dia mengakui perbuatannya salah. Tapi kita cari tau, apa benar istrinya umrah, kalau iya kapan berangkatnya," ucapnya.

Koordinator Gakkumdu Kabupaten Kampar, Zainul Aziz menjelaskan, tindakan Indra sudah masuk dalam pidana pemilu. "Dia bisa dikenakan pidana kurungan mininal 3 bulan penjara karena melanggar aturan Pilkada," ujar Zainul yang juga anggota Panwas Kampar Divisi Penindakan dan Pelanggaran.

Akibat perbuatan Ketua KPPS tersebut, TPS 03 Desa Kumantan, Kecamatan Bangkinang, Kampar terpaksa digelar PSU (Pemungutan Suara Ulang) hari ini.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini