Image

Terbitkan Laporan Palsu, 5 Pejabat Keamanan Senior Korut Dieksekusi Mati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin, 27 Februari 2017 - 19:06 WIB
Rezim Kim Jong-un kembali mengeksekusi mati pejabat senior (Foto: Reuters) Rezim Kim Jong-un kembali mengeksekusi mati pejabat senior (Foto: Reuters)

SEOUL – Badan Intelijen Korea Selatan (Korsel) mengabarkan, lima orang pejabat keamanan senior Korea Utara (Korut) dieksekusi mati oleh rezim Pyongyang. Mereka dihukum mati setelah menerbitkan laporan palsu yang menyulut kemarahan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un.

Kabar tersebut disampaikan dalam rapat terbatas yang berlangsung tertutup dengan legislator di Seoul. Diwartakan USA Today, Senin (27/2/2017), kelima pejabat senior tersebut dieksekusi dengan cara ditembak menggunakan pistol antipesawat.

Belum diketahui dengan jelas laporan palsu apa yang membuat marah Kim Jong-un. Akan tetapi, laporan tersebut diduga berkaitan dengan pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un. Sebagaimana diberitakan, Kim Jong-nam tewas diracun di Malaysia pada 13 Februari 2017.

Legislator Lee Cheol-woo mengatakan, kelima orang tersebut bekerja di Kementerian Keamanan Dalam Negeri yang sebelumnya dipimpin oleh Kim Won-hong yang dipecat pada Januari. Won-hong dipecat di tengah dugaan maraknya kasus korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Korea Utara dalam beberapa tahun terakhir rutin menghukum mati para pejabatnya dengan beragam alasan. Pejabat senior Kementerian Pendidikan Korut, Ri Yong-jin, ditembak mati pada Agustus 2016 karena tertidur saat rapat yang dipimpin Kim Jong-un. Sementara Menteri Pertanian Hwang Min dieksekusi karena rencana kebijakan yang dianggap mengancam pemerintahan diktator muda itu.

Di saat bersamaan, Badan Intelijen Korsel juga mengungkapkan empat dari delapan orang terduga pelaku pembunuhan Kim Jong-nam bekerja di Kementerian Keamanan Negara. Sementara dua orang lainnya diketahui bekerja di Kementerian Luar Negeri. Sayangnya, identitas enam orang tersebut tidak diungkap.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming