Ini Penyebab Pencarian MH370 Dihentikan

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 08 Maret 2017 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 08 18 1637709 ini-penyebab-pencarian-mh370-dihentikan-W1viRUExMI.jpg Ilustrasi: Pesawat Malaysia Airlines. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR - Setelah hampir tiga tahun, proses pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 dihentikan pada Januari lalu. Tim gabungan Malaysia, Australia dan China mengambil langkah tersebut melalui pertimbangan yang amat berat.

Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai menyatakan, alasan utama penghentian pencarian adalah kurangnya bukti yang menjadi petunjuk kuat lokasi hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Ia menegaskan, dana tidak pernah menjadi masalah dalam operasi pencarian di kawasan Laut China Selatan tersebut.

"Kami harus lebih yakin, lebih kredibel. Kami butuh lebih banyak bukti sebelum pertemuan tiga negara berikutnya diselenggarakan," ujar Liow, dalam upacara Peringatan MH370, seperti dikutip dari Free Malaysia Today, Rabu (8/3/2017).

Liow menyatakan, meski operasi pencarian di laut dihentikan sementara pada 17 Januari, penyelidikan tentang lokasi hilangnya Malaysia Airlines MH370 masih tetap dilakukan. Para ahli penerbangan pun masih menganalisa semua data yang mereka miliki.

"Para ahli membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempelajari gambar-gambar satelit dan pola penyebaran puing. Kita harus menunggu tim ahli untuk memberi lebih banyak data. Untuk sementara, operasi pencarian dihentikan," imbuh Liow.

Ia menegaskan, tiga negara yang terlibat dalam operasi pencarian sepakat bahwa penundaan ini perlu dilakukan hingga muncul bukti baru yang lebih kredibel.

Pada 8 Maret 2014, pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang dari radar saat mengudara di atas Laut China Selatan. Hilangnya pesawat yang mengangkut 239 penumpang dan kru tersebut hanya berselang satu jam setelah lepas landas dari KLIA pada pukul 12.41. Pesawat Boeing 777-200ER itu dijadwalkan tiba di Beijing pada pukul 6.30 pagi di hari yang sama.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini