Pilpres Serbia, PM Vucic Klaim Menang Telak

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 03 April 2017 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 03 18 1657189 pilpres-serbia-pm-vucic-klaim-menang-telak-yvDaCdDBDX.jpg Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vucic (Foto: Reuters)

BEOGRAD – Perdana Menteri (PM) Serbia Aleksandar Vucic mengklaim kemenangannya dalam pemilihan presiden (pilpres) yang berlangsung Minggu 2 April 2017. Pria berkacamata itu sangat yakin sudah keluar sebagai pemenang karena merasa didukung mayoritas warga Serbia.

“Kemenangan saya sudah jelas. Ini adalah hari yang sangat penting bagi kita untuk menunjukkan ke arah mana Serbia nantinya,” ujar Aleksandar Vucic kepada para pendukungnya, seperti dimuat ABC News, Senin (3/4/2017).

“Mayoritas warga di Serbia mendukung kelanjutan proses reformasi, kelanjutan jalur Eropa untuk Serbia bersamaan dengan melestarikan hubungan baik kita dengan Rusia dan China,” sambung pria berusia 47 tahun itu.

PM Aleksandra Vucic diprediksi oleh sejumlah lembaga survei independen menyatakan dirinya sebagai pemenang dengan perolehan 55% suara. Ia mengungguli pembela hak asasi manusia (HAM) Sasa Jankovic yang meraih 15% suara dan seorang kandidat yang mencalonkan diri sebagai tokoh parody, Luka Maksimovic.

Aleksandar Vucic yang menjabat sebagai PM Serbia sejak 2004 adalah seorang tokoh ultranasionalis yang kemudian mengubah haluan menjadi politikus pro Uni Eropa (UE). Dia juga disorot terkait kedekatannya dengan Rusia, yang merupakan musuh UE, meski di satu sisi berupaya memasukkan negaranya ke blok UE.

Negara-negara bekas Yugoslavia masih berusaha mencapai kestabilan setelah dilanda konflik dan perang sejak dekade 1990. Vucic menyatakan dirinya adalah satu-satunya yang dapat mewujudkan stabilitas tersebut.

Kemenangan dengan suara lebih dari 50% dibutuhkan oleh Aleksandar Vucic karena akan menghindari terjadinya putaran kedua pilpres Serbia. Sebab, ia akan mendapat pukulan keras di putaran kedua yang akan membuatnya berhadapan dengan seorang kandidat oposisi.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini